Jakarta (ANTARA News) - Panitia lokal menjual sebanyak 16.000 lembar tiket pertandingan final kedua Piala AFF 2010 antara Indonesia melawan Malaysia di Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (29/12), pada hari kedua penjualan, Jumat.

Tiket dengan harga satuan Rp150.000 itu dijual di empat titik loket yang berada di areal Gelora Bung Karno, yaitu Plasa Timur, Pintu Albina, Pintu TVRI dan Plasa Barat.

Antrean calon pembeli mulai mengular sejak pukul 06.00 WIB. Antrean terjadi di semua titik penjualan tiket atau 20 loket yang disediakan meski penjualan baru akan dilakukan pukul 10.00 WIB.

Calon pembeli tiket terlihat cukup antusias untuk mendapatkan tiket pertandingan final kedua yang akan digelar di stadion terbesar di Tanah Air ini. Mereka rela berdiri berhimpitan antara pengantre yang satu dengan yang lain.

"Saya berharap bisa mendapatkan tiket. Makanya saya datang lebih pagi," kata salah satu calon pembeli tiket di Pintu Albina, Agus dari Bekasi.

Mekanisme pembelian tiket hari kedua tetap sama dengan penjualan hari pertama, Kamis (23/12). Calon pembeli harus menunjukkan tanda pengenalnya untuk melakukan pembelian.

Setelah itu, calon pembeli berhak membeli tiket maksimal lima lebar untuk satu orang. Pada pembelian ini, masyarakat hanya mendapatkan tanda bukti pembelian dan voucher yang nantinya akan ditukal dengan tiket asli pada satu hari menjelang hari H.

"Pokoknya harus dapat tiket. Kemarin saya gagal mendapatkan tiket karena sudah habis," kata calon pembeli lainnya, Irfan.

Penjualan tiket dihari pertama, Kamis (23/12), dengan jenis tiket kategori satu dengan Rp200 ribu habis dalam kurun waktu kurang lebih tiga jam, padahal jumlah yang dijual mencapai 24 ribu lebar.

Banyak calon pembeli yang tidak bisa membeli. Akibatnya mereka melakukan aksi unjuk rasa didepan kantor PSSI yang berada di areal Gelora Bung Karno. Mereka meminta penjelasan terkait habisnya tiket yang dijual oleh panitia.

Untuk penjualan tiket untuk kategori tiga atau tribun dengan harga Rp50.000, pihak panitia telah menetapkan pada tanggal 26 Desember nanti. Tiket yang disediakan oleh panitia sebanyak 30.000 lembar.

Untuk tiket VVIP sebanyak 617 lembar, VIP Barat sebanyak 2.700 lembar dan VIP Timur sebanyak 3.000 lebar dijual dengan sistem online. Penjualannya sendiri melalui www.ticketsas.com. Total tiket yang dijual untuk final kedua ini sebanyak 76.871 lembar.

Saat ini timnas dibawah asuhan pelatih Alfred Riedl berada Malaysia melakoni pertandingan final pertama di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Minggu (26/12).
(T.B016/F002/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010