Kuala Lumpur (ANTARA News) - Pihak KBRI di Kuala lumpur, Malaysia mulai Kamis menyediakan fasilitas loket penjualan tiket pertandingan final piala AFF 2010 antara kesebelasan Malaysia-Indonesia di stadion Bukit Jalil, Selangor pada 26 Desember.

"Penjualan tiket di lokasi KBRI (Kedutaan besar Republik Indonesia) di Kuala Lumpur, Malaysia ini merupakan hasil kerja sama dengan pihak FAM (The Football Association of Malaysia) seperti PSSI di Indonesia," kata Kepala Bidang Penerangan, Sosial dan Budaya KBRI Malaysia, Widyarka Ryananta kepada ANTARA di Kuala Lumpur, Kamis.

Menurut dia, penjualan tiket rencananya dilaksanakan mulai Kamis pagi hingga Minggu pagi (23/12 hingga 26/12) mulai pukul 09.00 hingga 19.00 waktu Malaysia dan tempatnya adalah di loket 26 dan loket 30.

Harga harga tiket yang ditawarkan adalah 30 ringgit atau setara Rp84 ribu.Tiket seharga 50 ringgit setara Rp140 ribu sebanyak 700 lembar sudah diborong oleh pihak PSSI dan kementerian Olah Raga.

"Pagi ini loket baru dibuka dan tiket sudah terjual 5000 lembar dari 15.000 tempat duduk yang disediakan oleh pihak FAM. Kami masih menyediakan waktu hingga minggu pagi. Itupun kalau tiket masih tersedia," ungkapnya.

Widyarka mengungkapkan pembelian terbesar dilakukan oleh pihak Maskapai Penerbangan Nasional Garuda Indonesia sebanyak 1200 lembar tiket, sedangkan lainnya adalah pihak pelajar, ekspatriat, TKI ataupun masyarakat Indonesia yang memiliki izin tinggal di negeri ini.

Tata cara pembelian adalah dengan memperlihatkan identitas sebagai warga negara Indonesia karena karena tiket ini memang dikhususkan bagi pendukung Indonesia. Sedangkan untuk masyarakat Malaysia, mereka membelinya di Bukit Jalil.

Sementara itu, General Manager Garuda Indonesia untuk Malaysia, Erwin Suharja membenarkan bahwa pihaknya membeli dalam partai besar tiket pertandingan final Indonesia-Malaysia tersebut salah satunya untuk memfasilitasi para penumpang Garuda yang ingin menonton pertandingan tersebut.

"Kami akan menerbangkan pesawat boeing 747 seri 400 berkapasitas penumpang 42 untuk bisnis dan 386 untuk kelas ekonomi guna membawa para pendukung timnas sepakbola Indonesia yang ingin menyaksikan langsung pertandingan tersebut. Para pendukung tersebut akan kami antar jemput dari bandara hingga ke stadiun Bukit Jalil tempat pertandingan berlangsung," ungkapnya.

Sementara itu, Widyarka yang juga selaku koordinator Tim Pendukung Timnas Sepak Bola Indonesia ini menjelaskan bahwa rombongan pejabat Indonesia juga akan berdatangan ke Malaysia untuk menyaksikan pertandingan tersebut di antaranya adalah Menko Kesra Agung Laksono mewakili Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Menpora Andi Malarangeng, Menaker Muhaimin Iskandar, Menpan EE Mangindaan, Mendiknas Muhammad Nuh, ketua DPR Marzuki Alie, wakil ketua MPR Lukman Hakim Saifuddin, ketua MK Mahfud MD, Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum, Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin dan Seskab, Dipo Alam.

"Rombongan tersebut jumlahnya sebanyak 74 orang," katanya.
(N004/T009/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010