Kerinci, Jambi (ANTARA News) - Tim nasional sepakbola Indonesia mungkin mendapatkan tambahan suporter 6000 warga Kerinci, Jambi, yang berada di Malaysia ketika Tim Garuda dijamu tim tuan rumah pada pertandingan leg pertama final Piala AFF 2010 26 Desember mendatang.

Bupati Kerinci H Murasman telah mengeluarkan imbauan resmi kepada 6000 warga daerah itu yang merantau di Malaysia untuk berbondong-bondong ke Stadion Bukit Jalil Kuala Lumpur memberikan dukungan kepada tim nasional Indonesia.

"Bupati kita telah mengeluarkan himbauan resmi kepada segenap warga perantauan Kerinci di Malaysia untuk mendukung seratus persen perjuangan timnas Indonesia yang berlaga di Bukit Jalil 26 Desember mendatang, kapan perlu bagi yang punya uang ringgit cukup borong karcis 30 ringgit itu untuk rekan-rekannya," ungkap Kabag Humas Pemkab Kerinci, Amri Swarta, di Kerinci, Rabu (22/12).

Seruan bersifat himbauan tersebut, imbuh Amri, disampaikan Bupati seusai main futsal bersama pejabat Pemkab di Koni Sugaipenuh kemarin. Seruan itu sendiri oleh bagian humas Pemkab langsung disampaikan ke Ketua Himpunan Keluarga Kerinci di Malaysia melalui pesan selular.

Menurut Amri, Murasman memang satu sosok pemimpin yang sangat menggilai olahraga sepak bola. Bahkan di masa kecilnya dia bercita-cita ingin menjadi pemain nasional. Semasa remaja dia sempat mencoba menjadi pemain Persatuan Sepakbola Kerinci (Pasker dulu PSK).

Dijelaskan Amri, saat ini tercatat terdapat 6000 jiwa lebih masyarakat Kerinci yang merantau di Malaysia yang tersebar di berbagai kawasan seperti Kuala Lumpur, Negeri Sembilan, Selangor, dan lain sebagainya.

Mereka bekerja di berbagai sektor seperti Pertanian dan perkebunan, Konstruksi Bangunan, Pabrik-pabrik, Pertamanan, house keeping dan lain sebagainya. Bahkan ada yang bekerja di Stadion Bukit Jalil sendiri.

Amri menyebutkan, selain mengimbau warganya yang berada di Malaysia, dukungan Bupati dan Pemkab Kerinci juga diwujudkan dengan akan menggelar kegiatan nonton bareng di rumah Dinas Bupati pada malam kedua partai pertandingan final piala AFF tersebut.

"Di Kerinci sendiri, Bupati juga akan menggelar nonton bareng masyarakat Kerinci di rumah dinasnya pada malam pertandingan itu digelar. Ini adalah wujud semangat nasionalisme dan apresiasi positif pemimpin dan masyarakat Kerinci terhadap prestasi timnas merah putih," tandas Amri.

(ANT-144/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010