Jakarta (ANTARA news) - Toyota Avanza menjadi kendaraan favorit yang menyenangkan di kalangan media sosial dengan rekam jejak terbanyak dibandingkan jenis dan merek mobil lainnya.

Siaran pers yang diterima ANTARA di Jakarta, Selasa, menyebutkan, survei yang dilakukan oleh majalah SWA, OMG dan SITTI (Sistem Iklan Teknologi Indonesia) telah berhasil merekam jejak merek-merek yang eksis dan berkibar di jalur situs jejaring sosial.

Ada 29 kategori produk dan lebih dari 100 merek yang ditelusuri rekam jejaknya di dunia maya. Mesin SITTI menangkap 600 juta halaman situs dalam bahasa Indonesia, delapan juta akun Twitter dan komunikasinya, serta merekam sekitar 10 juta akun Facebook.

Dari rekam jejak tersebut Toyota berhasil menduduki peringkat 1 dan 2 untuk kategori mobil "Indonesia Most Favourable Brands in Social Media."

Posisi puncak itu masing-masing di tempati oleh Toyota Avanza yang unggul dengan total relevansi 1.886 dan nilai 30 untuk merek di media sosial dan "share of voice" 205.886.

Pada tempat kedua, Toyota Kijang dengan relevansi 1.727 dengan nilai 26 untuk merek di media sosial dan "share of voice" 180.123.

"Penghargaan itu akan lebih memacu kami untuk membangun komunikasi yang lebih baik lagi dengan pelanggan, sehingga suara konsumen bisa lebih cepat kami ketahui, dan kami respon untuk memberikan yang terbaik kepada para pengguna Toyota," kata Manajer Komunikasi PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy.

Penghargaan ini melengkapi apresiasi serupa yang diterima Toyota Avanza di tahun 2010, antara lain; "The Best Mini MPV" pada ajang Otomotif Award 2010, dan "Brand of Choice by Community 2010" dari majalah SWA.

Demikian juga Kijang Innova yang telah memenangkan banyak penghargaan antara lain: "Greatest Brand of Decade 2010 Netizen Choice" dari Markplus Inc, dan "Greatest Brand of Decade 2010 Editor Choice" dari Markplus Inc, serta "Best Features Design & Value Ergonomic Cabin" pada Car and Tuning Guide Award 2010, dan "The Best MPV" pada Otomotif Award.

Sejalan dengan perkembangan komunikasi saat ini, kata dia, sosial media telah menjadi sarana efektif bagi perusahaan dalam membangun komunikasi dengan pemangku kepentingan, karena bisa berhubungan langsung dengan calon konsumen dan konsumen yang berkumpul di media sosial tersebut. (*)

(TZ.R016/B/R014/R014) 21-12-2010 19:52:04
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010