Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie mengharapkan para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang berada di Malaysia bisa memberikan dukungan maksimal saat tim Indonesia memainkan laga final pertama melawan tuan rumah Malaysia pada Minggu (26/12).

"Ada tiga juta TKI di Malaysia, kita harapkan mereka bisa memerahkan stadion saat Indonesia berhadapan tuan rumah Malaysia pada leg pertama babak final AFF Suzuki Cup ini," ujar Aburizal Bakrie di Jakarta, Senin.

Hal itu dikatakan Ical, sapaannya, mengingat Indonesia membutuhkan `finishing` yang telah lama ditunggu masyarakat Indonesia yakni menjuarai AFF Suzuki Cup setelah 19 tahun Indonesia krisis prestasi juara dan terakhir kali menjuarai SEA Games 1991 di Filipina.

Harapan serupa juga dikemukakan pelatih kepala Alfred Riedl yang mengetahui banyaknya keberadaan TKI di Malaysia.

"Separuh saja stadion dipenuhi oleh warga negara Indonesia di sana, itu sudah sangat bagus dan kami kembali mendapatkan support yang besar. Kita harapkan setengah stadion bisa diisi oleh pendukung Merah Putih," ujar Alfred Riedl saat rombongan Timnas diundang Aburizal Bakrie.

Pertandingan final leg pertama di Malaysia melawan Indonesia kemungkinan akan digelar di Stadion Bukit Jalil Kuala Lumpur yang berkapasitas 30 ribu bangku. Namun penggunaan stadion belum diperoleh kepastian sebab delegasi anggota AFF baru akan membahasnya pada hari Selasa.

Tentang Timnas Malaysia, Alfred Riedl melihat ada perbedaan mencolok dari tim lawan dibandingkan dengan saat Malaysia tampil di babak penyisihan Grup A di Jakarta.

"Ada tiga pemain mereka yang baru diturunkan seperti yang saya lihat ketika mereka berhadapan Vietnam. Kami akan mempelajarinya dengan seksama dalam beberapa hari ini dan kami belum menentukan strategi," ujarnya.

Riedl mengungkapkan, kondisi para pemain Timnas saat ini terdapat lima pemain yang tengah mengantongi hukuman kartu kuning, yakni Achmad Bustomi, Muhammad Ridwan, Hamka Hamzah, Octovianus Maniani dan Christian Gonzales.

Sedangkan pemain yang sedang mengalami cedera adalah Markus Horison (cedera bahu), Firman Utina, dan Irfan Bachdim yang diharapkan bisa pulih dalam enam hari ke depan.

"Kemarin sewaktu berhadapan dengan Filipina, dokter memberikan saya suntikan untuk penghilang rasa sakit, tapi efeknya tidak ada. Mudah-mudahan dalam enam hari ke depan saya bisa prima," kata Firman Utina yang mengalami cedera lutut.

(ANT-132/T009/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010