Jakarta (ANTARA News) - Timnas Indonesia akan menghadapi Malaysia di final AFF Suzuki Cup 2010 setelah di leg kedua menang 1-0 atas Filipina, Minggu.

Dengan kemenangan ini, Indonesia ke final untuk keempat kalinya. Indonesia menang dengan agregat 2-0. Pada leg pertama, Indonesia menang 1-0.

Saat bermain di hadapan hampir 100 ribu penonton di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu, Tim Merah-Putih tampil garang dengan sejumlah serangan-serangan gencar ke gawang Filipina. Sementara Filpina gagal membobol gawang Indonesia.

Tim Merah-Putih yang ditangani pelatih Alfred Riedl mengubah sedikit formasi dengan memasukkan striker Yongki Ariwibowo dan mencadangkan Irfan Bachdim sejak awal pertandingan.

Filipina dengan besutan pelatih Simon Alexander McMenemy tetap pada formasi yang sama seperti di leg pertama partai semifinal event bergengsi di Asia Tenggara ini.

Babak pertama, Indonesia beberapa kali mencoba melalui duet baru antara Yongki dan Gonzales menerobos pertahanan Filipina.

Menit 10, tercipta peluang lewat kaki Gonzales yang dapat umpan terobosan namun masih mampu diamankan kiper Filipina Neil.

Selang sepuluh menit kemudian, Gonzales mendapat umpan matang dari tengah, namun tandukannya masih terlalu lemah. Demikian juga kemelut di gawang Filipina namun belum membuahkan gol untuk Indonesia di menit 21.

Menit 33, satu peluang kembali dibangun Indonesia lewat kaki M Nasuha dan dilanjutkan Oktomaniani namun masih melebar ke atas gawang Filipina. Termasuk tendangan M Ridwan yang mendapat umpan dari Firman Utina di menit 38.

Pertandingan sedikit ketat jelang berakhirnya babak pertama ini dengan wasit mengeluarkan kartu kuning untuk Filipina karena melakukan pelanggaran keras.

Baru di menit ke-43, Gonzales membobol gawang Filipina. Itu merupakan tendangan kedua dari Gonzales dari jarak jauh. Tendangan pertamanya kembali mengarah kepadanya dan mampu diselesaikan dengan baik menggetarkan gawang Neil. Kedudukan berubah 1-0 untuk Indonesia.

Unggul satu gol, Indonesia terus menekan pertahanan Filipina di awal babak kedua. Sedikit--dikitnya dua peluang diupayakan lewat tendangan jarak jauh Zulklifli Syukur dari sayap kanan Indonesia yang membuat kiper Neil harus jungkir balik.

Satu peluang Filipina melalui tandukan Christoper hanya melampui gawang Indonesia yang dikawal Markus Horison.

Filipina yang tertinggal berusaha melakukan serangan. Satu peluang di menit 77, karena Zulkifli terlalu lama menahan bola di areal kotak penalti hampir disambar pemain depan Filipina, untuk bola mampu diamankan dan dibuang Firman Utina.

Sisa lima menit babak kedua, pemain Filipina Christopher Robert malah mendapat kartu merah setelah mendapat kartu kuning kedua.

Pelatih Indonesia Alfred di menit-menit akhir, memasukkan Bambang Pamungkas menggantikan Gonzales. Akhir babak kedua, Kedudukan pun tak berubah 1-0 untuk Indonesia.

Dalam laga ini, wasit Ali dari Bahrain memberikan kartu kuning untuk pemain Filipina Ian Bayona, Robert James dan Christopher serta satu untuk Hamka Hamzah dan Ahmad Bustomi dari Indonesia.

Indonesia tercatat pernah tiga kali tembus final yakni pada tahun 2000,2002 dan 2004. Sementara Malaysia yang sudah lebih dulu ke final tahun ini dengan menumbangkan Vietnam. Malaysia terakhir tembus final pada tahun 1996. Mereka dikalahkan Thailand 0-1 ketika itu.

Susunan pemain:
Indonesia: Markus Harison Rihihina (kiper), Mohamad Nasuha, Zulkifli Syukur, Maman Abdurachman, Christian Gerard Alfaro Gonzalez, Oktavanius Maniani/Arif Suyono, Firman Utina (kapten), Ahmad Bustomi, Yongki Ariwibowo, Muhammad Ridwan, Hamka Hamzah.
Pelatih: Alfred Riedl

Filipina: Neil Leonard Dula (kiper), Robert Gier, Anton Edward, Roel Jimena Gener/Nesterio, James Younghusband/yanti Armentia, Philip Younghusband, Alexander Charles Luis (kapten), Jason Nicolas Dantes, Christopher Robert, Ian B Araneta/Emilio Asada, Ray Anthony Pepito.
Pelatih: Simon alexander McMenemy
Wasit: Ali Hasan Ebrahim Abdulnabi (Bahrain)
(ANT/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010