Jakarta (ANTARA News) - Timnas Indonesia sementara unggul 1-0 atas Filipina di babak pertama partai semifinal kedua AFF Suzuki Cup 2010 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu.

Dengan hasil sementara ini, Indonesia sudah unggul agregat dua gol setelah pada leg pertama Indonesia menang 1-0. Keunggulan ini memuluskan langkah ke final.

Tim Merah-Putih yang ditangani pelatih Alfred Riedl mengubah sedikit formasi dengan memasukkan striker Yongki Ariwibowo dan membangkucadangkan Irfan Bachdim sejak awal pertandingan.

Sementara Filipina dengan besutan pelatih Simon Alexander McMenemy tetap pada formasi yang sama seperti pada semifinal pertama tiga hari sebelumnya.

Babak pertama, Indonesia beberapa kali mencoba melalui duet baru Yongki dan Gonzales yang rajin menerobos pertahanan Filipina.

Menit 10, tercipta peluang lewat kaki Gonzales yang mendapatkan umpan terobosan namun masih mampu dihadang kiper Filipina Neil.

Selang sepuluh menit kemudian, Gonzales mendapat umpan matang dari tengah, namun tandukannya terlalu lemah. Demikian juga dengan sebuah kemelut di gawang Filipina pada menit 21 yang belum juga membuahkan gol untuk Indonesia.

Menit 33, satu peluang kembali dibangun Indonesia lewat kaki M. Nasuha dan dilanjutkan Oktomaniani namun masih melebar ke atas gawang Filipina. Termasuk tendangan M Ridwan yang mendapat umpan dari Firman Utina di menit 38.

Pertandingan sedikit ketat menjelang berakhirnya babak pertama di mana wasit mengeluarkan kartu kuning untuk pemain Filipina karena melakukan pelanggaran keras terhadap pemain Indonesia.

Baru pada menit ke-43, Gonzales membobol gawang Filipina. Itu merupakan tendangan kedua Gonzales dari jarak jauh. Tendangan pertamanya membentur palang pintu Filipina untuk kembali mengarah kepadanya dan mampu diselesaikan dengan baik untuk menggetarkang gawang Neil. Kedudukan berubah 1-0 untuk Indonesia.

Wasit Ali dari Bahrain memberikan tiga kartu kuning untuk pemain Filipina Ian Bayona, Robert James dan Christopher.

Indonesia tercatat pernah tiga kali tembus final yakni pada tahun 2000,2002 dan 2004. Sementara Malaysia yang sudah lebih dulu ke final tahun ini setelah menumbangkan Vietnam. Malaysia terakhir tembus final pada tahun 1996. Mereka dikalahkan Thailand 0-1 ketika itu.

Susunan pemain:

Indonesia: Markus Harison Rihihina (kiper), Mohamad Nasuha, Zulkifli Syukur, Maman Abdurachman, Christian Gerard Alfaro Gonzalez, Oktavanius Maniani, Firman Utina (kapten), Ahmad Bustomi, Yongki Ariwibowo, Muhammad Ridwan, Hamka Hamzah.

Pelatih: Alfred Riedl

Filipina: Neil Leonard Dula (kiper), Robert Gier, Anton Edward, Roel Jimena Gener, James Younghusband, Philip Younghusband, Alexander Charles Luis (kapten), Jason Nicolas Dantes, Christopher Robert, Ian B Araneta, Ray Anthony Pepito.

Pelatih: Simon alexander McMenemy

Wasit: Ali Hasan Ebrahim Abdulnabi (Bahrain). (*)

ANT

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010