Jakarta (ANTARA News) - Microsoft menganugerahkan STAR Shop Award kepada 9 toko komputer baru untuk mempromosikan dan menjual komputer baru yang sudah diinstal hanya dengan software asli.

Tujuan dari program STAR Shop Award adalah untuk mempromosikan dan memberikan penghargaan kepada penjual PC yang menjual PC baru hanya dengan software asli secara konsisten, kata Microsoft dalam siaran persnya, Jumat.

Para penjual di toko-toko ini sudah dilatih untuk merekomendasikan hanya software asli dan tidak akan memenuhi permintaan untuk menginstal software bajakan.

Sembilan toko yang berlokasi di berbagai Mal IT di Jakarta dan Bandung sekarang akan bergabung dengan 12 dealer PC lainnya sebagai penerima STAR Shop Award.

Kesembilan toko itu terpilih dari 600 toko komputer yang disurvei oleh Microsoft bulan lalu di Jakarta dan Bandung. Selain aktif mempromosikan dan menjual perangkat lunak asli, toko-toko ini juga merupakan anggota dari program Microsoft untuk channel IT, Microsoft Partner Network (MPN).

Star Shop Award adalah program baru yang diadakan pertama kalinya pada bulan Juni 2010. Pada saat pertama kali program ini diluncurkan, 200 penjual PC di Mal Mangga Dua Jakarta disurvei dan hasilnya 65 penjual PC berhasil melewati putaran pertama penilaian.  

Sebanyak 12 penjual PC diidentifikasi lebih lanjut untuk memenuhi kriteria penghargaan, termasuk menjadi mitra terdaftar Microsoft Partner Network.

Program ini berhubungan dengan kampanye yang baru-baru ini diumumkan Microsoft untuk memerangi pembajakan dalam komputer baru yang dijual oleh penjual. Dua puluh penjual PC di Bandung, Jakarta, Makassar, Surabaya dan Medan telah ditangkap oleh pengacara Microsoft yang ditunjuk untuk membahas
tindakan pelanggaran yang mereka lakukan.

Jonathan Selvasegaram, Regional Attorney Microsoft di Singapura, menjelaskan mengenai koordinasikan tindakan itu.

"Tindakan-tindakan yang perlu dilakukan untuk melindungi mitra bisnis kami dan pelanggan yang jujur. Kami menerima banyak keluhan dari penjual PC bahwa mereka mungkin akan tutup toko jika mereka tidak dapat bersaing dengan tetangga mereka yang menjual PC baru serupa tetapi diinstal dengan software bajakan," kata Selvasegaram, dalam siaran pers.
 
Seremoni penghargaan yang berlangsung Rabu (15/12) itu disaksikan oleh Presiden APKOMINDO (Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia), Suhanda Wijaya.  

Microsoft ingin menggandeng APKOMINDO (Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia) dalam mengembangkan dan memperluas pasar IT lokal.

"Kami ingin bekerja sama dengan APKOMINDO dalam mengembangkan dan memperluas pasar IT lokal," Elizabeth Wirapranata, Genuine Software Initiative Lead PT Microsoft Indonesia.

"Kami sedang menjalankan beberapa program untuk meningkatkan keterampilan para penjual di sektor PC ritel serta upaya untuk mempromosikan bisnis para vendor PC yang jujur. Melalui program STAR Shop Awards, kami menyediakan sebuah plakat dengan desain STAR (bintang) ke penjual PC untuk membantu konsumen mengidentifikasi dimana mereka bisa membeli PC baru mereka dan yakin kalau mereka pasti akan mendapatkan software asli."

Sembilan penerima Star Shop Award dari Microsoft:
  1. Shop Toshiba, Mangga Dua Mall
  2. Bhinneka.com, Mangga Dua Mall
  3. Quantum Computer, Mangga Dua Mall
  4. Kreasindo, Harco Mangga Dua
  5. Tops's Computer, Harco Mangga Dua
  6. Platinum, Bandung
  7. Duta Com, BEC Bandung
  8. Misi, BEC Bandung
  9. Daya Computer System, Bandung
 
(ENY/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010