Denpasar (ANTARA News) - Jurnalis Kantor Berita ANTARA Biro Denpasar, I Nyoman Budhiana, meraih dua kategori dalam Lomba Karya Jurnalistik Olahraga (LKJO) pada Commonwealth Bank Tournament of Champions (CBTC) 2010, yang penyelenggaraannya telah dilakukan di The Westin, Nusa Dua, Bali, pada awal November lalu.

Budhiana, jurnalis foto Kantor Berita ANTARA di Biro Denpasar, menurut keterangan dari Direktur Turnamen CBTC 2010, Kevin Livesey, yang diterima ANTARA, di Denpasar, Rabu petang, meraih kehormatan itu untuk kategori foto "Off Court" sebagai Pemenang Pertama dalam karya foto bertajuk "Tendang Bola Tenis" dan Pemenang Kedua pada kategori "On Court" (Ivanovic Berjuang).

Dengan demikian, ini adalah kemenangannya kedua dalam lomba karya Jurnalistik Olahraga yang diselenggarakan kepanitiaan CBTC setelah beberapa tahun sebelumnya hal serupa juga telah dia raih.

"Kami menyelenggarakan LKJOR tahun ini sebagai pengakuan dan dukungan terhadap media yang telah memberitakan turnamen tenis CBTC 2010. Kami ingin menunjukkan penghargaan kami atas upaya media menyebarluaskan berita turnamen tenis itu. Kami berharap dengan dukungan media tersebut, olahraga tenis akan berkembang lebih pesat lagi di Indonesia," tutur Livesey.

Untuk kategori foto "On Court", rekannya sesama jurnalis foto dari agen foto European Press Agency, I Made Nagi, mendapat kehormatan pertama dalam karyanya berjudul "Racket For Coach", sedangkan tempat kedua di kategori foto "Off Court" diraih jurnalis foto Kompas.com, Benny Koestanto ("Bali, Cinta, dan Tenis).

LKJO pada CBTC 2010 kali ini dibagi ke dalam lima kategori besar, yaitu kategori pra turnamen, kategori cetak, televisi, dan media maya. Kategori pertama diraih Aloysius Gonsaga dari Kompas.com ("Jangan Hanya Andalkan `Wild Card`) diikuti I Gusti Ngurah B Paramatha ("Dampak Turnamen Tennis Internasional"/Balipost.com).

Kategori cetak dibagi ke dalam subkategori berita lempang, diraih Bruce Edmond ("Ivanovic Meet Kleybanova"/The Jakarta Post), diikuti Irvan LW Sihombing ("Eropa Timur Kuasai Bali"/Media Indonesia). Subkategori karangan khas media cetak juga menjadi panggung bagi Sihombing karena karyanya, "Terinspirasi `Eat, Pray, Love`" menjadi pamungkas bagi dewan juri.

Pada kategori media maya, untuk subkategori berita lempang, posisi perdana diraih Wayan A Purnomo dari Tempointeraktif ("Ivanovic Inginkan Kemenangan"), diikuti Mohammad R Pratama ("Li Na Ciptakan `Kejutan`"/Detik.com). Pada subkategori karangan khas media maya, pemenang pertamanya adalah Eko Widodo dari blnews dalam karyanya, "Bank Commonwealth dan Brand Asosiasi Tennis ".

Kategori televisi merupakan satu hal yang dianggap penting oleh panitia CBTC 2010 sehingga kehormatan itu diraih Vina Yuniar & Ramdhani dari stasiun Vision1 ("Hightlight CommonwealthBank Tournament of Champions 2010 Episode 2"), dan jurnalis stasiun Trans7, Bima Sastranegara bersama mitranya, Ahmad Zaenuddin, meraih posisi kedua dalam "Pesona Kecantikan Petenis Dunia Trans7".

Sebanyak 18 karya wartawan media cetak dan elektronik, termasuk fotografer, dipilih sebagai karya terbaik lomba karya jurnalistik liputan Commonwealth Bank Tournament of Champions 2010.

Lebih dari 30 media massa mengikuti lomba ini, memperebutkan tempat pemenang pertama dan kedua dengan hadiah total Rp90 juta tunai. Lebih dari 220 karya jurnalistik hasil reportase para wartawan sebagai perwujudan bakat menulis, pengetahuan tentang tenis nasional dan internasional diikutsertakan pada lomba karya ini. (ANT/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010