Jakarta (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika memprakirakan wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) akan diguyur hujan.

Situs Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Rabu dini hari, menyebutkan, semua wilayah Jakarta akan diguyur hujan ringan dan sedang, namun pada malam harinya wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Timur dan Jakarta Barat berawan.

Selain itu, wilayah Depok dan Bogor sejak Rabu pagi hingga Rabu malam akan diguyur hujan ringan dan sedang. Wilayah Bekasi akan diguyur hujan sedang dan ringan pada pagi hari dan siang hari, namun pada malam harinya berawan.

Sementara wilayah Tangerang akan diguyur hujan ringan pada pagi hari dan malam hari, namun pada siang harinya berawan. Kepulauan Seribu akan diguyur hujan lebat pada pagi hari dan hujan ringan pada siang dan malam hari.

Sedangkan daerah lainnya di Indonesia, antara lain, Banda Aceh, Medan, Batam, Padang, Jambi, Palembang, Pangkal Pinang, Bengkulu, Pontianak, Samarinda, Palangkaraya, Banjarmasin, Manado, Gorontalo, Kendari, Makasar, Ambon, Bandung, Yogyakarta, Denpasar dan Jayapura akan diguyur hujan ringan dan sedang.

Daerah lainnya, Pekanbaru, Bandar Lampung, Palu danTernate diprakirakan berawan.

Sebelumnya, BMKG juga memprediksi cuaca ekstrem akan melanda Jakarta hingga Maret 2011 karena adanya fenomena global La Nina berskala moderat hingga kuat yang masih dominan.

"Dengan suhu permukaan laut di perairan Indonesia yang masih relatif hangat, potensi curah hujan dengan intensitas tinggi di Indonesia diprediksi akan berlangsung hingga Maret 2011," kata Kepala BMKG Sri Woro Budiyanti Harjono pada Kamis (28/10).

Curah hujan yang lebih lebat daripada tahun-tahun sebelumnya itu juga diperkirakan akan menimbulkan potensi banjir yang lebih besar dibandingkan biasanya. BMKG menyarankan pemerintah pusat dan daerah, untuk melakukan persiapan-persiapan dalam mengantisipasi hal tersebut. (ANT/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010