Jakarta (ANTARA News) - Anggota komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Ramadhan Pohan mengatakan peran kantor Berita Perum LKBN ANTARA selama ini sudah sangat baik, namun beberapa sisi masih perlu ditingkatkan kualitasnya.

"Apa yang dilakukan ANTARA selama ini sudah bagus dan hanya perlu ditajamkan isinya dan ditingkatkan kualitasnya lagi," kata anggota Komisi I DPR dari Fraksi Partai Demokrat ini ketika dihubungi ANTARA dari Jakarta, Minggu.

Menurut Ramadhan yang juga mantan wartawan ini, ANTARA hingga saat ini masih tetap dibutuhkan. ANTARA bisa menjadi sarana untuk pemersatu bangsa.

"Soal kualitas SDM dan ketajaman berita itu yang harus ditingkatkan," kata Wakil Sekjen PD ini.

Lebih lanjut Ramadhan menjelaskan ke depan perlu dipikirkan posisi yang pas dari LKBN ANTARA.


ANTARA-RRI-TVRI

Ramadhan menjelaskan saat ini sudah ada usulan penggabungan ANTARA, RRI dan TVRI dalam satu wadah.

"Saya setuju adanya penggabungan ANTARA-RRI-TVRI untuk penguatan dan sinergi," kata Ramadhan.

Namun, gagasan penggabungan tersebut perlu dipikirkan lebih matang. Secara sederhana, dengan adanya penggabungan tentu akan lebih efisien dan kuat.

"Bagaimana soal SDM maupun bentuknya, hal itu yang masih harus dipikirkan. Prinsipnya saya setuju penggabungan jika tujuannya untuk penguatan dan sinergi untuk saling melengkapi," kata Ramadhan.

Perum LKBN ANTARA Senin (13/12) merayakan HUT ke-73. Awalnya, ANTARA didirikan oleh Adam Malik dan Pandu Kartawiguna dengan berbentuk yayasan. (*)

(T.J004/E011/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010