Jakarta (ANTARA) - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menghadirkan sport utility vehicle (SUV) Pajero Sport dengan empat varian utama antara lain Dakar Ultimate, Dakar, Exceed dan GLX.

Masing-masing varian memiliki perbedaan dan keunggulan untuk menyasar segmen konsumen yang berbeda-beda. Dari sisi harga, Dakar Ultimate 4×4 AT sebagai varian tertinggi Pajero Sport dijual Rp748,7 juta, sedangkan varian berpenggerak empat roda lainnya GLX 4×4 MT Rp582,8 juta (on the road September 2021).

Baca juga: Ubah tampilan New Pajero Sport dengan paket aksesori MMKSI

Pilihan untuk Pajero Sport berpenggerak dua roda cukup melimpah antara lain Dakar Ultimate 4x2 AT Rp639,7 juta, Dakar 4×2 AT Rp590,7 juta, Exceed 4×2 AT Rp532,8 juta, Exceed 4×2 MT Rp517,8 juta. Harga akan ditambah Rp3 juta jika konsumen memilih warna favorit "Quartz White Pearl”.

Lantas, apa perbedaan fitur dan tampilan empat varian Pajero Sport tersebut? Berikut ulasannya melansir lembar spesifikasi MMKSI, Sabtu.

Eksterior

Bagian yang paling mudah dibedakan antarvarian Pajero Sport adalah penggunaan halogen pada lampu utama hingga lampu kabut untuk varian menengah antara lain GLX 4×4 MT, Exceed 4×2 MT, dan Exceed 4×2 AT.

Sedangkan pada varian di atasnya, yakni Dakar 4×2 AT, Dakar Ultimate 4×2 AT, dan Dakar Ultimate 4×4 AT sudah menggunakan lampu LED, baik untuk lampu utama, sein, serta lampu kabut. Tiga tipe Pajero sport tersebut juga dilengkapi LED Active Cornering Lamp yang secara otomatis menerangi jalan saat melewati jalur menikung di malam hari.

Dakar 4×2 AT, Dakar Ultimate 4×2 AT, dan Dakar Ultimate 4×4 AT memiliki headlamp washer guna membilas lampu utama sehingga pencahayaan tidak terganggu kotoran ketika melibas jalanan berdebu atau berlumpur.

Hal kedua yang mudah terlihat sebagai pembeda varian Pajero Sport adalah pada tipe GLX 4x4 MT masih menggunakan ukuran velg 16 inci, sedangkan Exceed 4×2 MT, Exceed 4×2 AT, Dakar 4×2 AT, Dakar Ultimate 4×2 AT, dan Dakar Ultimate 4×4 AT memakai velg 18 inci.

Untuk varian Dakar ke atas udah memakai desain velg dua warna (two tone), sedangkan varian Exceed dan GLX memakai velg tunggal warna.

Salah satu fitur unggulan power back door dengan kick sensor (membuka bagasi belakang dengan menggerakkan kaki di bawah bumper) tersedia pada varian tertinggi Dakar Ultimate 4x2 dan 4x4. Dua varian tersebut juga dilengkapi Mitsubishi Remote Control, berupa aplikasi ponsel untuk mengoperasikan berbagai fungsi, termasuk membuka-tutup pintu bagasi.

Sunroof tersedia pada varian Dakar Ultimate 4x4, sementara untuk varian di bawahnya tidak tersedia. Tipe Dakar Ultimate 4×2 dilengkapi roof monitor 9 inci pada baris kedua sebagai pengganti sunroof.

Baca juga: Tanpa insentif, Pajero Sport dominasi penjualan SUV "Ladder Frame"
All New Pajero Sport 2021 (ANTARA/HO) (ANTARA/HO)


Interior

Interior Pajero Sport Dakar 4×2 AT, Dakar Ultimate 4×2 AT, dan Dakar Ultimate 4×4 AT berlapis kulit pada bagian setir, tuas transmisi dan jok sudah.

Pada Dakar Ultimate 4x4 warna interior didominasi hitam, sementara untuk Dakar 4x2 dan Dakar Ultimate 4x2 diberikan warna baru yaitu beige. Lapisan soft touch juga tersedia di beberapa sudut kabin dan tiga varian teratas Pajero Sport tersebut juga sudah memiliki Electronic Parking Brake with Auto Hold.

Terdapat layar display meter 8 inci yang bisa diatur sesuai dengan preferensi pengguna pada Dakar 4x2, Dakar Ultimate 4x2 dan Dakar Ultimate 4x4. Sedangkan tiga tipe di bawahnya masih menggunakan panel meter versi sebelumya.

Untuk urusan audio, tipe GLX 4×4 MT masih menggunakan audio 2DIN, sedangkan Exceed 4×2 MT dan Exceed 4×2 AT sudah dibekali layar sentuh 7 inci, sedangkan Dakar 4×2 AT, Dakar Ultimate 4×2 AT, dan Dakar Ultimate 4×4 AT menggunakan layar sentuh 8 inci.

Kamera mundur tersedia pada tipe Dakar 4×2 AT dan Dakar Ultimate 4×2 AT. Fitur Multi Around View Monitor tersedia pada Dakar Ultimate 4×4 AT.

Tiga varian teratas itu juga memiliki power outlet (colokan listrik) bertegangan 150 Watt/220 Volt yang bisa digunakan untuk laptop dan kebutuhan lainnya.

Baca juga: MMKSI buka "Supermarket Exhibition" tiga lokasi, kenalkan Pajero Sport
Interior New Pajero Sport (ANTARA/HO)


Mesin - Transmisi

Pajero Sport GLX 4x4 dan Exceed 4x2 memakai mesin empat silinder 2,5 liter commonrail turbo berkode 4D56. Mesin itu menghasilkan tenaga 136 PS di 4.000 rpm dan diawali torsi puncak 324 Nm di 2.000 rpm. Pilihan transmisi yang tersedia adalah lima percepatan atau otomatis lima percepatan.

Sedangkan tiga varian di atasnya sudah menggunakan mesin diesel 4N15 berkapasitas 2,4 liter VGT-Intercooler yang menghasilkan tenaga maksimal 181 PS di 3.500 rpm dan torsi 430 Nm di 2.500 rpm. Transmisi yang tersedia hanya otomatis 8-percepatan terbaru.

Pajero Sport Dakar Ultimate 4x4 dilengkapi sistem penggerak 4WD Super Select-II yang menggunakan tombol dial untuk memudahkan pergantian mode dari 2WD ke 4WD. Sebagai pendukungnya, sudah tersedia mode off road yaitu Gravel, Mud/Snow, Sand, dan Rock.

Fitur Keselamatan

Fitur Keselamatan Pajero Sport antara lain Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake Force Distribution (EBD), ISOFIX Child Seat, serta immobilizer.

Untuk kantung udara, ada perbedaan pada tipe GLX 4×4 MT, Exceed 4×2 MT dan Exceed 4×2 AT yang memakai dua airbag. Sementara tipe Dakar 4×2 AT, Dakar Ultimate 4×2 AT, dan Dakar Ultimate 4×4 AT dibekali tujuh airbag.

Tipe Dakar 4×2 AT, Dakar Ultimate 4×2 AT, dan Dakar Ultimate 4×4 AT memiliki Brake Assist, Active Stability & Traction Control, Hill Start Assist (HSA), Trailer Stability Assist (TSA), dan Ultrasonic Misacceleration Mitigation System (UMS).

Fitur-fitur lainnya yang tersedia pada Dakar Ultimate 4×2 AT dan Dakar Ultimate 4×4 AT antara lain Adaptive Cruise Control, Forward Collision Mitigation System (FCM), Blind Spot Warning (BSW), Lane Change Assist (LCA), dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA).


Baca juga: Pajero Sport tak dapat relaksasi PPnBM, begini komentar MMKSI

Baca juga: MMKSI kenalkan New Pajero Sport di Auto Show SMS Serpong

Baca juga: New Pajero Sport hadir di Auto Show MKG 3
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021