Jakarta (ANTARA) - Maverick Vinales akan menjalani debut bersama Aprilia di Grand Prix Aragon pekan depan, demikian tim pabrikan Italia mengonfirmasi pada Rabu.

Setelah GP Belanda pada 28 Juni, Yamaha dan Vinales mengumumkan mereka bakal mengakhiri kontrak berdurasi dua tahun 2021-2022 mereka lebih dini pada akhir musim ini.

Setelah keputusan tersebut, pabrikan Jepang itu dan sang pebalap Spanyol sepakat untuk menyelesaikan sisa musim ini, namun di Grand Prix Styria, Vinales membuat ulah karena frustrasi yang menyebabkan dirinya diskors oleh Yamaha karena dianggap berpotensi menimbulkan kerusakan mesin, membahayakan dirinya dan pebalap lainnya.

Baca juga: Yamaha-Vinales resmi berpisah di tengah musim MotoGP 2021
Baca juga: Vinales gabung Aprilia musim depan


Vinales meminta maaf kepada Yamaha setelah insiden tersebut, dengan dalih situasi itu disebabkan karena dia frustasi setelah mengalami masalah teknis saat restart dan finis terakhir, sebelum membuka gas lebar-lebar hingga mencapai titik putaran mesin maksimal ketika masuk jalur pit.

Kemudian kedua pihak sepakat mengakhiri kemitraan mereka secara efektif dan segera meskipun musim MotoGP 2020 belum usai.

Tak lama berselang, Aprilia mengumumkan telah meminang Vinales untuk membalap bersama tim pabrikan Italia itu tahun depan dan bakal menjadi tandem Aleix Espargaro, mantan rekan satu timnya di Suzuki.

Vinales juga telah menyelesaikan dua hari tes di Misano awal pekan ini mengendarai motor RS-GP.

Baca juga: Vinales buka suara dan minta maaf setelah diskors Yamaha di GP Austria
Baca juga: Crutchlow ditugasi sebagai pengganti Vinales mulai GP Inggris


"Suatu kehormatan kami bisa menyambut atlet bertalenta seperti Maverick ke tim Aprilia Racing," kata CEO Aprilia Racing Massimo Rivola seperti dikutip laman resmi MotoGP, Rabu.

"Saya yakin ia akan memberikan yang terbaik sesegera mungkin di GP Aragon."

Pada saat yang sama, Aprilia mengumumkan pebalap Italia Lorenzo Savadori sebagai tes rider yang akan membantu pengembangan motor RS-GP.

Savadori mendapat kesempatan membalap di MotoGP musim ini, menggantikan Andrea Iannone yang terkena sanksi doping, namun menarik diri di GP Inggris karena cedera yang ia alami ketika terlibat tabrakan dengan pebalap KTM Dani Pedrosa di GP Styria.

Savadori masih memiliki kesempatan turun kembali di sisa musim MotoGP sebagai pebalap wildcard Aprilia segera setelah ia dinyatakan fit.

Baca juga: Quartararo juarai GP Inggris, Aprilia raih podium perdana
Baca juga: MGPA undang Valentino Rossi sapa penggemar dan jajal Sirkuit Mandalika
Baca juga: Sirkuit Mandalika makin "pede" menuju MotoGP


 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021