Palembang (ANTARA News) - Pelatih Sriwijaya Football Club Ivan Kolev mengatakan tidak heran empat anak asuhnya, Oktavianus, Firman Utina, M Ridwan, dan Arif Suyono, menjadi pilihan pelatih Tim Nasional Alfred Riedl pada dua pertandingan Piala AFF 2010.

"Saya tidak heran bahwa empat pemain SFC menjadi pilihan utama, karena mereka memang yang terbaik di posisinya masing-masing," kata Kolev di Palembang, Minggu.

Empat pilar SFC selalu diturunkan pelatih Alfred Riedl dalam dua pertandingan penyisihan Grup A Piala AFF, yakni melawan tim Malaysia (1/12) dan Laos (4/12).

Keempatnya, bahkan menjadi kunci sukses keberhasilan tim Indonesia dalam menggilas dua tim itu.

"Firman Utina berhasil melaksanakan perannya sebagai kapten tim, dan selalu dimainkan sejak awal babak. Begitu pula dengan Oktavianus dan M Ridwan. Hanya, Arif saja yang dijadikan pemain pengganti karena memiliki kualitas relatif sepadan dengan M Ridwan," ujar pelatih asal Bulgaria ini.

Dia melanjutkan, Arif yang berperan sebagai pemain pengganti pun dapat memaksimalkan perannya dengan selalu mencetak gol.

"Arif dapat mencetak gol setelah beberapa menit dimasukkan. Ini menunjukkan bahwa kualitasnya sangat baik," kata pelatih Timnas Indonesia tahun 2007 ini.

Dia pun berharap, keberhasilan dari empat pilar SFC itu dalam memperkuat timnas dapat dikonversikan saat memperkuat klub.

"Permainan baik dari keempat pemain SFC itu, saya harapkan dapat berlanjut di level klub," ujar dia.

Pada ajang Piala AFF itu, SFC mendelegasikan lima pemain yakni Oktavianus Maniani (gelandang sayap), Firman Utina (gelandang serang), M Ridwan (gelandang sayap), dan Arif Suyono (gelandang sayap), dan Ferry Rotinsulu (penjaga gawang).

Dari kelima pemain itu hanya Ferry Rotinsulu yang belum pernah diturunkan, karena Rield lebih mempercayakan algojo di bawah mistar gawang pada Maulana Haris Horison.(*)
(ANT-039/M033/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010