Mari dukung program bangga buatan Indonesia dengan terus beli kreatif lokal dengan berpartisipasi dan menyukseskan Festival Kreatif Lokal ini, kita ikut mengapresiasi dan memberi semangat kepada UMKM untuk terus berkontribusi terhadap perekonomian ba
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dengan Adira Finance berkolaborasi melalui program Festival Kreatif Lokal 2021 sebagai upaya pengembangan pemasaran dan ekonomi kreatif di Indonesia.

“Kegiatan ini mendukung upaya pemerintah untuk mempromosikan produk-produk ekonomi kreatif UMKM unggulan sub sektor kuliner, kriya, dan fashion dari 5 destinasi wisata super prioritas, yakni Borobudur, Danau Toba, Labuan Bajo, Mandalika, dan Likupang,” ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno secara virtual dalam grand launching Festival Kreatif Lokal 2021, Jakarta, Rabu.

Dia mengharapkan kegiatan ini juga dapat melahirkan pelaku-pelaku UMKM yang cermat memanfaatkan peluang pasar dan cerdas menggunakan media digital seperti marketplace, mengingat di masa pandemi COVID-19 terjadi perubahan tren belanja masyarakat dari offline ke online.

Sandiaga juga mengajak UMKM untuk tumbuh bersama dengan Adira Finance dan menjadi bagian dari Festival Kreatif Lokal 2021.

“Mari dukung program bangga buatan Indonesia dengan terus beli kreatif lokal dengan berpartisipasi dan menyukseskan Festival Kreatif Lokal ini, kita ikut mengapresiasi dan memberi semangat kepada UMKM untuk terus berkontribusi terhadap perekonomian bangsa,” ungkapnya.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Nia Niscaya memaparkan bahwa pihaknya sudah bekerja sama dengan Adira Finance dengan memberikan pelatihan dan workshop kepada 1079 UMKM pada tahun sebelumnya.

Pada tahun ini, dinyatakan akan fokus untuk 5 destinasi super prioritas yang sedang disiapkan dari sisi infrastruktur hingga pemberdayaan pelaku ekonomi kreatif.

“Tentunya kini juga disiapkan tidak hanya destinasi dari sisi alam dan budaya, tetapi juga produk ekonomi kreatif. Kalau bicara destinasi pariwisata, tentu ujung-ujungnya enggak bisa lepas dari buah tangan,” sebut Nia.

Semantara itu, Direktur Utama Adira Finance Hafid Hadeli menyampaikan bahwa Festival Kreatif Lokal 2021 meliputi serangkaian kegiatan. Yaitu kreatif lokal award sebagai apresiasi Adira Finance kepada pelaku wirausaha atas prestasi dan usaha memberdayakan masyarakat.

Selanjutnya, kegiatan malam gebyar Adira pada November 2021 mendatang di Candi Borobudur, Jawa Tengah, yang bertepatan dengan ulang tahun Adira Finance ke -31. “Kami juga akan mengumpulkan para pemenang kreatif lokal award (di Borobudur),” ucap Hafid.

Baca juga: Sandiaga: Pandemi jadi peluang perbaiki pariwisata dan ekonomi kreatif
Baca juga: Pengamat apresiasi kebijakan Kemenparekraf di berbagai daerah wisata
Baca juga: Belasan UKM raih penghargaan di ajang Festival Kreatif Lokal 2020

 

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2021