Jakarta (ANTARA) - Perusahaan perangkat penyimpanan Western Digital meluncurkan dua solid-state drive (SSD) baru untuk melengkapi portfolio produk WD_BLACK, yang diklaim menghadikan performa mumpuni untuk digunakan para penggemar game (gamer).

Peluncuran ini bertujuan untuk menghadirkan solusi penyimpanan berkinerja tinggi dan cepat untuk meningkatkan performa PC dan konsol untuk semua gamer di seluruh dunia, kata WD dalam pernyataan resmi, dikutip Rabu.

"WD_BLACK punya komitmen yang nyata untuk para gamer, yakni menjadi tempat penyimpanan yang cepat dan handal, yang dapat membantu meningkatkan performa permainan mereka," kata Executive Vice President dan GM Flash Business WD, Rob Soderbery.

Baca juga: SSD NVMe™ terbaru Kioxia tersedia di Supermicro PCIe® 4.0

Melalui tiga produk baru yang diluncurkan, portofolio WD_BLACK telah memiliki beragam solusi yang didukung oleh teknologi flash sehingga setiap gamer--baik pemula maupun ahli--dapat menjelajahi dunia game dan mendapatkan pengalaman terbaik.

Selama beberapa tahun terakhir, menurut Soderbery, tampilan grafis dan akurasi dari dunia game yang imersif makin meningkat, sehingga teknologi flash sangat penting untuk pengalaman bermain game.

Gamer tidak hanya membutuhkan lebih banyak kapasitas penyimpanan, namun mereka juga membutuhkan kecepatan tinggi untuk bisa masuk ke dunia game yang kaya ini dan mendapatkan pengalaman gaming sesuai ekspektasi.

SSD terbaru WD_BLACK SN750 SE NVMe memungkinkan para gamer untuk meningkatkan pengalaman gaming pada PC atau laptop mereka melalui teknologi PCIe Gen4 dan ruang penyimpanan untuk menyimpan lebih banyak game.

Solusi penyimpanan internal tanpa DRAM ini menggunakan teknologi PCIe Gen4 (kompatibel dengan PCIe Gen3) dan dapat memberikan kecepatan baca hingga 3.600MB/s3, dengan konsumsi daya 30 persen lebih hemat dibanding pendahulunya, sehingga baterai laptop lebih awet.

Sementara WD_BLACK D30 Game Drive SSD mampu memperpendek waktu loading game lantaran kecepatan bacanya yang mencapai 900 MB/detik meskipun bentuknya ramping dan ringkas.

Gamer dapat menghabiskan lebih banyak waktu bermain game tanpa khawatir penyimpanan penuh, karena WD_BLACK D30 menyediakan kapasitas hingga 2TB untuk menampung sekitar 50 game. Dirancang kompatibel dengan konsol-konsol terbaru, hard disk ini memiliki dudukan yang dapat dilepas untuk diletakkan di samping sistem.

WD_BLACK SN750 SE NVMe tersedia di toko resmi Western Digital Store di Shopee dan Tokopedia mulai 30 Agustus 2021, sedangkan WD_BLACK D30 Game Drive SSD mulai akhir September juga di JD.ID.

Berikut harganya:

WD_BLACK SN750 SE NVMe SSD

Kapasitas5 250GB Rp940.000.
Kapasitas 500GB Rp1,5 juta.
Kapasitas 1TB Rp3,1 juta.

WD_BLACK D30 Game Drive SSD

Kapasitas 500GB Rp1,799 juta.
Kapasitas 1TB Rp2,999 juta.
Kapasitas 2TB Rp5,999 juta.

Baca juga: Kioxia perkenalkan SSD untuk PC generasi berikutnya dan mainstream

Baca juga: Samsung perkenalkan SSD enterprise terbaru

Baca juga: Acer akan jual SSD dan RAM buatan perusahaan China Biwin

Pewarta: Suryanto
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021