Jakarta (ANTARA) - Hyundai Motor Group meluncurkan taksi robo otonom berbasis IONIQ 5 menjelang pamerannya di IAA Mobility 2021 di Munich minggu depan.

Hyundai Motor Group dan Motion, perusahaan patungan Hyundai-Aptiv, telah bersama-sama mengembangkan taksi robo IONIQ 5 dengan sistem penggerak otonom Level 4, kata kelompok itu dalam sebuah pernyataan, dikutip Yonhap, Rabu.

Perusahaan mengatakan pihaknya berencana untuk memasok taksi robo Level 4 IONIQ 5 ke aplikasi berbagi perjalanan AS Lyft pada tahun 2023.

Baca juga: Tesla masih rajai penjualan EV global, Hyundai keenam

Kendaraan Level 4 dapat mengemudi sendiri dalam kondisi terbatas dan tidak akan beroperasi jika semua kondisi yang diperlukan tidak terpenuhi. Di Level 5, fitur mengemudi otomatis kendaraan dapat mengemudi dalam kondisi apa pun.

Hyundai Motor Co. dan startup mobilitas AS Aptiv membentuk usaha patungan 50:50 senilai 4 miliar dollar AS pada Maret 2020 untuk mencari sinergi dalam solusi mobilitas masa depan.

Pada Februari, pembuat sedan Sonata dan SUV Palisade itu meluncurkan model all-electric IONIQ5 yang disematkan dengan platform modular global-listrik (E-GMP) EV-only milik grup, sejalan dengan dorongan elektrifikasi produsen mobil saingan.

Baca juga: Kesiapan infrastruktur dorong harga mobil listrik lebih terjangkau

Baca juga: Genesis posting video untuk goda penggemar

Baca juga: Hyundai mulai produksi oksigen di pabrik Cikarang

Pewarta: F017
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021