Jakarta (ANTARA News) - Jawara tinju nasional Chris John diunggulkan menang dengan perbandingan 60:40 atas petinju Argentina Fernando Saucedo dalam pertarungan perebutan sabuk juara dunia kelas bulu versi Assosiasi Tinju Dunia di Lapangan Tenis Terbuka Senayan, Minggu (5/12).

"Saya memprediksikan Chris John tampil sebagai pemenang untuk mempertahankan sabuk juara dunia kelas bulu versi WBA," ujar Komisi Teknik PB Pertina Hengky Silatang di Jakarta, Sabtu.

Secara teknik, katanya, Chris lebih matang ketimbang petinju Argentina yang kini menduduki peringkat 15 WBA.

Urutan peringkat dalam dunia tinju profesional sangat mempengaruhi dalam menjinakkan mental lawan sebelum maupun saat bertemu di atas ring.

Melalui tampuk juara yang kini dipegang Chris John, ujar dia, memiliki pamor dan mental tanding tersendiri saat berlaga dalam pertarungan.

Apalagi petinju asal Banjarnegara itu sangat konsisten melakukan latihan baik di Semarang maupun di Australia dibawah tempaan pelatih Craig Christian.

Begitu juga dengan modal tampil di atas ring, Chris John 42 naik ring tidak pernah terkalahkan dengan memukul KO lawan 22 kali dan dua kali bermain seri. Sedang Fernando Saucedo dari 38 naik ring hanya satu kali menang KO empat kalah dan tiga seri.

Perbandingan rekor ring yang dimiliki dua petinju, kata dia, sudah jelas Chris John berada diatas angin untuk memenangkan pertarungan. Dari situlah Hengky memprediksikan 60:40 untuk kemenangan Chris John.

Sementara itu, tekhnokrat tinju nasional Syamsul Anwar Harahap mengatakan, Chris John adalah petinju flamboyan yang selalu tampil cantik di atas ring.(*)

ANT/R014

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010