Jakarta (ANTARA News) - Menpora Andi Mallarangeng di Jakarta, Rabu, mengukuhkan kontingen Indonesia yang berkekuatan 113 atlet dan akan tampil di "Asian Beach Games" II di Muscat, Oman, pada 8-16 Desember 2010.

Pada kegiatan dua tahunan itu, Indonesia akan mengikuti 12 cabang dari 14 cabang olahraga yang dipertandingkan yakni bola tangan (handball/20 atlet), sepak takraw (24), sepak bola (beach soccer/10), bola voli (beach volleyball/8), binaraga (body building/3), marathon swimming (3), layar (3), kabbadi (12), woodball (12), ski air (9), polo air (7) dan olahraga jetski (2).

Ke-13 atlet dalam Asian Beach Games (ABG) II itu akan didampingi 29 pelatih, 11 manajer tim dan 27 staf komandan kontingen.

"Olahraga pantai adalah merupakan olahraga jatidiri bangsa kita. Cabang dayung pun yang berhasil meraih medali emas di Asian Games Guangzhou merupakan olahraga bahari," ujar Menpora Andi Mallarangeng.

Meski pada ABG I yang digelar di Bali pada Oktober 2008 Indonesia tampil sebagai juara umum, namun Menpora memaklumi jika pada ABG kali ini peluang Indonesia sangat berat untuk mempertahankan gelar juara umum.

Hal ini, katanya, disebabkan kegiatan ABG masih mencari bentuk atau standar cabang-cabang yang pantas dipertandingkan.

"Banyak event internasional yang harus kita ikuti di masa mendatang. Maka kita harus terus mengembangkan potensi yang ada terutama olahraga tradisional, sebab banyak olahraga tradisional kita yang diambil orang," lanjut Menpora.

Sementara Komandan Kontingen Rusli Zaenal mengungkapkan, keberangkatan atlet ke Muscat tidak secara bersamaan melainkan terpisah dalam beberapa kelompok terbang (kloter).

Kelompok pimpinan kontingen yang beranggotakan 27 orang bersama tujuh cabang akan berangkat pada 5 Desember, kemudian cabang polo air berangkat 6 Desember, body building berangkat 7 Desember dan cabang kabaddi berangkat 9 Desember.

"Upacara penaikan bendera Merah Putih akan dilaksanakan pada 7 Desember. Sedangkan upacara pembukaannya dilaksakan di pantai Al-Musanah pada 8 Desember," ujar Rusli Zaenal.

Meski upacara pembukaan dilakukan 8 Desember, lanjutnya, namun empat cabang olahraga sudah dipertandingkan lebih dulu. Sedangkan pada hari terakhir (16/12) akan dipertandingkan 7 cabang olahraga.

Rusli Zaenal yang juga Gubernur Propinsi Riau mengatakan seluruh anggota kontingen telah siap tempur di Muscat nanti meski atlet dari empat cabang olahraga tidak ikut serta dalam upacara pengukuhan yakni sepak bola, kabaddi, layar dan woodball.

"Tiga cabang masih berada di Bali, sedangkan atlet wood ball masih melaksanakan pertandingan ujicoba di Taiwan," ujarnya.

Sementara Komandan Pelatnas ABG II Djoko Pramono memprediksikan kontingen Indonesia kali ini hanya bisa mentargetkan perolehan empat medali emas.

"Itu karena 19 medali emas lainnya sudah pasti akan `dicuri` oleh tuan rumah Oman. Tentunya sangat banyak perbedaan antara ABG I di Bali dan ABG II di Oman ini baik dari sisi jumlah cabang maupun nomor yang dipertandingkan," kata Djoko Pramono.

(ANT-132/F002/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010