Jakarta (ANTARA News) - Bertepatan dengan Hari Solidaritas Internasional untuk Palestina pada 29 November, Antara Foto bekerja sama dengan Bulan Sabit Merah Indonesia menggelar pameran tunggal fotografi karya fotografer Antara Izmar Patrizki bertajuk "Gaza Perkasa".

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Antara Foto atas terselenggaranya pameran foto untuk kemanusiaan ini yang dapat mempererat persahabatan antara Indonesia dan Palestina," kata first secretary kedutaan Palestina Taher Ahmed pada pembukaan acara pameran di gedung Galeri foto jurnalistik Antara Pasar baru, Jakarta, Senin malam.

Sementara itu Basuki Supartono, Ketua Bulan Sabit Merah Indonesia dalam pidato sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Antara. "...dan semoga kita bisa segera mendengar kemerdekaan yang sesungguhnya untuk Palestina," kata Basuki.

Izmar Patrizki merupakan fotografer Antara yang ikut dalam misi kemanusiaan bersama Bulan sabit merah di jalur Gaza  selama satu pekan.

Ia mengungkapkan bahwa keterbatasan ruang dan waktu membuatnya hanya bisa memotret lebih banyak dari balik kendaraan. Ada satu hal yang menurut dia sangat mengesankan yaitu masyarakat Palestina yang selalu bangkit meski terus menerus dibombardir.

"Foto yang ada di sini menggambarkan kuatnya semangat mereka untuk bertahan," tuturnya.

Foto-foto yang dipamerkan tercetak di atas bahan metal dan merupakan pertama kalinya di Galeri Foto Jurnalistik Antara.

Foto tersebut diantaranya berjudul "Gaza women di Gaza city" , "Playing Ground", "Kunanti di Gerbang Mural Jalur Gaza" dan "Generasi Penerus".

Pameran foto itu juga membuka donasi untuk Palestina. Pengunjung yang menyumbang Rp20 ribu akan mendapat katalog foto pameran. "Gaza Perkasa" dipamerkan hingga 10 Desember.
(yud/A038/BRT)

Pewarta: Yudha Pratama Jaya
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010