Jakarta (ANTARA) - PT Honda Prospect Motor (HPM) menyerahkan 200 unit oxygen concentrator​​​​​​ kepada Kementrian Perindustrian Republik Indonesia.

President Director PT Honda Prospect Motor, Takehiro Watanabe mengungkapkan bahwa sumbangan ini merupakan komitmen Honda untuk mendukung upaya pemerintah Indonesia dalam penanganan virus Covid-19.

"Sebagai bagian dari masyarakat Indonesia, kami berharap sumbangan ini dapat bermanfaat bagi layanan kesehatan di daerah yang membutuhkan, sekaligus mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional," ungkap Takehiro Watanabe dalam keterangan resminya dikutip Minggu.

Dalam hal ini, seremoni penyerahan simbolis perangkat konsentrator oksigen dilaksanakan dalam acara virtual yang diselenggarakan oleh Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Acara tersebut dihadiri Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai Menteri Perindustrian Republik Indonesia, beserta jajaran pejabat Kementerian Perindustrian lainnya serta perwakilan dari perusahaan-perusahaan yang berpartisipasi.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada pelaku industri yang telah mengulurkan bantuan kemanusiaan dalam penanganan Covid-19 di Indonesia. Bantuan oksigen konsentrator pasti akan memberikan manfaat bagi daerah-daerah yang membutuhkan," kata Agus Gumiwang Kartasasmita.

"Aksi kepedulian dari sektor industri ini menghadirkan wajah dan watak industri yang patriotik dan inklusif," tambah dia.

Berdasarkan laporan yang disampaikan dalam acara ini, Kementrian Perindustrian sampai saat ini telah menyalurkan sebagian dari konsentrator oksigen kepada Pusat Krisis Kementrian Kesehatan dan sebagian telah didistribusikan langsung dengan memprioritaskan kebutuhan medis di daerah-daerah yang membutuhkan di luar pulau Jawa dan Bali.

Konsentrator oksigen merupakan alat yang digunakan untuk menyaring udara pada ruangan dan mengubahnya menjadi oksigen murni dengan kadar hingga 93 persen. Alat ini dapat digunakan untuk para pasien yang membutuhkan perawatan intensif di rumah sakit ataupun unit kesehatan di berbagai daerah.

Baca juga: Suzuki serahkan 70 unit oxygen concentrator

Baca juga: Kemenperin fasilitasi industri hibahkan 3.700 oksigen konsentrator

Baca juga: Kemenperin identifikasi industri esensial ikut uji coba operasi penuh
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021