Bandarlampung (ANTARA News) - Sembilan dewan kesenian provinsi sudah menyatakan akan hadir pada Silaturahmi Dewan Kesenian Provinsi se-Indonesia yang digelar Dewan Kesenian Lampung (DKL) sekaitan "Lampung Arts Festival" (LAF), 24-26 November 2010 di Hotel Arinas, Bandar Lampung.

"Sementara sampai kemarin pengurus DK provinsi yang siap hadir sudah sembilan DK," kata Ketua Harian DKL Syaiful Irba Tanpaka mewakili Ketua Umum DKL Syafariah Widianti di Bandarlampung, Jumat.

Kesembilan provinsi itu, lanjut dia, yakni Dewan Kesenian Kalimantan Selatan, DK Bengkulu, DK Kepulauan Riau, DKJ, DK Jawa Tengah, DK Sumatera Barat, DK Kalimantan Timur, DK Sumatera Selatan, dan DK Jambi.

"Meski DK Jambi saat ini masih kosong atau vakum, mereka mengirim dua tim pembentukan pengurus baru DK Jambi," ujar dia.

Syaiful menjelaskan, sedangkan dari kabupaten/kota di Lampung yang siap hadir yakni dari DK Tanggamus, DK Lampung Utara, dan DK Way Kanan.

Menurut Ketua Harian DKL itu, pihaknya masih terus mengonfirmasi beberapa pengurus DK Provinsi lainnya, seperti DK Nangroe Aceh Darussalam (NAD), DK Papua, DK Sulsel, DK Sulteng, dan lain-lainnya.

"Sedangkan DK Riau memang sudah menyatakan tak bisa hadir, karena bersamaan mereka ada kegiatan," ucapnya menjelaskan.

Syaiful optimsitis hingga beberapa hari kemudian sebelum Silaturahmi DK Provinsi digelar pada 24 November 2010, peserta yang hadir sudah jelas.

"Mungkin persoalannya adalah persiapan, termasuk soal transportasi peserta," kata Syaiful.

Untuk itu, pihaknya tetap berkoordinasi dengan DKJ dan DK Provinsi lainnya.

Sementara itu, Lampung Arts Festival akan dimeriahkan dengan pementasan kesenian dan "cangget bakha" pada Kamis (25/11) malam di Taman Budaya Lampung.

Diharapkan tamu dari DK Provinsi Se-Indonesia bisa menikmati sajian kesenian khas Lampung dan cangget bakha.

Kemudian, pameran foto peserta lomba foto bertema transformasi di Ruang Pameran TBL (25-30/11), lomba baca puisi bahasa Lampung, Sabtu (27.11), dan lomba mewarnai pada Minggu (28/11).

Arman AZ, koordinator lomba baca puisi bahasa Lampung menjelaskan, hingga kini baru 16 peserta yang mendaftar. Dikatakan Arman, persoalannya sampai kini kabarnya belum ada disposisi dari kepala sekolah.

"Saya mengharapkan, kepala sekolah bersangkutan dapat memberi disposisi bagi siswa yang akan mengikuti lomba. Ini penting bagi menumbuhkan bakat siswa sebagai bekal mereka kelak," tegas Arman AZ, yang juga cerpenis Lampung itu. (*)
(T.T013/C004/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010