Jakarta (ANTARA) - Pebalap Inggris Jake Dixon akan menjalani debutnya di MotoGP berseragam Petronas Yamaha SRT untuk menggantikan Franco Morbidelli di Silverstone pekan depan.

Dixon akan menunggangi motor Yamaha YZR-M1 yang digunakan oleh test rider Cal Crutchlow di dua balapan sebelumnya di Austria, sedangkan Morbidelli masih memulihkan diri dari operasi lutut yang ia jalani pada Juni.

Sementara Crutchlow mendapat tugas dari Yamaha ke tim Monster Energy Yamaha MotoGP untuk menggantikan Maverick Vinales, yang baru saja didepak sebelum musim 2020 usai.

"Masuk ke kelas MotoGP sudah menjadi tujuan seumur hidup. Jadi mendapat kesempatan melakukan itu untuk satu GP tahun ini, di atas motor yang selalu saya inginkan - Yamaha YZR-M1 - dan melakukannya di kampung halaman adalah sesuatu yang sangat spesial," kata Dixon dikutip laman resmi SRT, Jumat.

Baca juga: Yamaha-Vinales resmi berpisah di tengah musim MotoGP 2021 
Baca juga: Vinales buka suara dan minta maaf setelah diskors Yamaha di GP Austria 


Tim Petronas Sprinta Racing akan mengumumkan pengganti Dixon, sebagai tandem Xavi Vierge di Moto2 dalam waktu dekat.

Bos tim Petronas SRT Razlan Razali mengaku tidak memasang target tertentu bagi Dixon di Silverstone nanti.

"Ini adalah sirkuit yang sangat dipahami Jake dan akan luar biasa bagi para fan Inggris mendapati satu lagi pebalap di kelas premier," kata Razali.

Dixon menjalani debut Moto2 pada 2017 dan tahun ini ia menghuni peringkat ke-19 di klasemen dengan koleksi 21 poin, terpaut 185 poin dari pemuncak sementara Remy Gardner dari tim KTM. 

Baca juga: Crutchlow ditugasi sebagai pengganti Vinales mulai GP Inggris 
Baca juga: MotoGP Malaysia batal digelar, diganti dengan balapan di Misano 
Baca juga: Vinales gabung Aprilia musim depan 

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021