Guangzhou (ANTARA News) - Dua medali yang diperoleh kontingen Indonesia pada hari pertama Asian Games diharapkan menjadi motivasi untuk meraih medali berikutnya pada hari kedua, Minggu, demikian kata Komandan Kontingen Indonesia, Tono Suratman, di Guangzhou, China.

"Medali yang kita peroleh di hari pertama merupakan hasil usaha keras para atlet dan ofisial. Kalau hari ini para atlet kita dapat tampil lepas atau tanpa beban, peluang kita besar untuk menambah perolehan medali. Tampil lepas tentunya tetap berpatokan pada taktik yang telah dirancang bersama pelatih dan manajer," kata Tono yang juga mantan atlet anggar nasional itu, Minggu.

Indonesia pada Sabtu merebut satu medali perak melalui Ivana Ardelia Imanto dan satu perunggu oleh Jadi Setiadi. Ivana merebutnya pada cabang olah raga wushu nomor taolu, sementara Jadi pada nomor angkat besi 56 kilogram.

Tono menyampaikan rasa salutnya kepada seluruh tim angkat besi Indonesia yang telah merancang strategi dan taktik sehingga Jadi dapat merebut medali. Semula Jadi diperhitungkan peluangnya kecil untuk dapat meraih medali, namun berkat taktik yang jitu akhirnya berhasil merebut perunggu, ungkap Tono.

Secara khusus Tono juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada para atlet dan seluruh tim cabang olah raga catur, bola voli, tenis, bulu tangkis yang juga memetik kemenangan pada pertandingan babak penyisihan, Sabtu. Tim Bulu tangkis putra-puti lolos ke semifinal setelah menundukkan lawan-lawan mereka. Tim putra pada semi final Minggu, bertemu tuan rumah China dan tim putri menghadapi regu Thailand.

Pada Minggu pagi, Tono menyaksikan langsung pertandingan babak perempat final tim tenis putri Indonesia melawan Thailand. Pada cabang tenis, Yayuk Basuki dan juniornya lolos ke perempat final dengan menggulung regu India 3-0.

Pada cabang catur, Irine Kharisma Sukandar kembali tampil pada Minggu setelah memetik dua kali kemenangan. Sementara Susanto Megaranto juga akan tampil setelah membukukan sekali menang dan sekali kalah.

Menurut Manajer Tim Catur Indonesia, Kristianus Liem, peluang Irene dan Susanto masih sangat terbuka untuk meraih medali.

"Kemarin Susanto tampil terlalu berani dan bernafsu pada pertandingan kedua sehingga ketika membuat kesalahan, akhirnya lawan berbalik menekannya. Saya berharap mudah-mudahan hari ini keduanya dapat tampil lebih tenang dalam menekan lawan dan tetap fokus agar dapat meraih kemenangan," tutur Kristianus.

Pada cabang bola voli indoor, tim Indonesia dijadwalkan menghadapi regu Arab Saudi pada Minggu malam. Indonesia pada pertandingan pertama di Pul C hari Sabtu memetik kemenangan atas regu Turkmenistan. Dengan bekal satu kemenangan tersebut diharapkan Tim Indonesia dapat tampil lebih percaya diri menghadapi regu Arab Saudi.

Sementara itu, Menpora Andi Malarangeng pada Minggu pagi menyempatkan diri memberikan dukungan bagi tim tenis putri yang menghadapi regu Thailand. Menpora terlihat sangat antusis memberikan dukungan kepada para atlet yang bertanding di arena Asian Games.

Menpora meminta para atler dan ofisial terus bersemangat tinggi menghadapi pertandingan demi pertandingan di arena yang persaingannya sangat ketat.
(ANT133/F005)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010