Solidaritas ini harus terus kita tumbuhkan, apalagi dalam situasi sekarang
Jakarta (ANTARA) - Gerakan Pemuda (GP) Ansor mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memperkokoh rasa solidaritas terutama di tengah pandemi COVID-19.

“Solidaritas ini harus terus kita tumbuhkan, apalagi dalam situasi sekarang yang saling membutuhkan uluran tangan untuk membantu sesama,” ujar Wakil Komandan Satkornas Banser Hasan Basri Sagala dalam keterangan tertulis yang diterima, di Jakarta, Selasa.

Ia mewakili Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas saat menjadi Inspektur pada Upacara Peringatan 76 Tahun Kemerdekaan RI, di Jakarta, Selasa.

Hasan Basri meyakini, melalui solidaritas, beban dan penderitaan bangsa tidak akan menjadi semakin berat dan Indonesia segera terbebas dari pandemi. Dengan menjunjung tinggi solidaritas, maka sejatinya seseorang juga menghormati nilai-nilai kemanusiaan.

Sikap positif ini, kata Hasan Basri, perlu terus ditumbuhkan karena pada lingkup yang luas, sikap ini akan mengokohkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa. Dalam menjalankan solidaritas, seseorang tidak lagi memandang latar belakang agama, suku, bahasa, ras, dan sebagainya.

“Ini sejatinya mengingatkan kita pada perjuangan pendahulu bangsa yang rela bersatu dengan mengesampingkan latar belakang mereka demi Indonesia merdeka,” kata Hasan menegaskan.

Pada usia kemerdekaan yang mencapai 76 tahun ini, Hasan mengajak para peserta upacara untuk meneruskan nilai-nilai positif yang telah ditunjukkan oleh para pejuang dan pendahulu.

“Lebih-lebih kala bangsa Indonesia menghadapi wabah saat ini,” ujarnya lagi.

Menurut Hasan, hanya dengan bergandengan tangan dan saling bekerja sama, maka pandemi yang melanda Indonesia dalam 18 bulan terakhir bisa segera teratasi.

Secara khusus, Hasan juga meminta para kader Ansor dan Banser di seluruh Tanah Air untuk semakin menggiatkan aktivitas-aktivitas sosial di tengah masyarakat. Selain membantu para pasien atau korban COVID-19, mereka diinstruksikan untuk responsif terhadap kondisi di sekitarnya.

“Jangan sampai tetangga terdekat kita kelaparan dan terancam kematian, tapi kita tidak tahu dan tidak tanggap. Segera beri bantuan semampunya, atau jika memungkinkan, berkoordinasi dengan pihak terkait,” ujarnya.

Upacara Peringatan 76 Tahun Kemerdekaan RI di Kantor PP GP Ansor diikuti puluhan kader, baik pengurus teras dan sejumlah anggota. Upacara dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan dan digelar di luar ruangan.

Pada saat yang sama, ribuan kader Ansor juga menggelar upacara serupa di berbagai daerah.
Baca juga: Menag: Pemuda Ansor harus responsif terhadap setiap problem masyarakat
Baca juga: Gerakan Pemuda Ansor Lebak bagikan 18.700 takjil

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021