Pengibaran ini untuk meningkatkan nasionalisme
Banda Aceh (ANTARA) - Enam anggota mahasiswa pecinta alam (Mapala) Universitas Malikussaleh (Unimal) Lhokseumawe, Aceh, mengibarkan bendera Merah Putih dalam rangka memeriahkan HUT ke-76 Kemerdekaan RI di puncak Gunung Leuser.

"Pengibaran ini untuk meningkatkan nasionalisme di kalangan generasi muda serta cinta Tanah Air," kata Ahyar (27), Koordinator Kelompok Pengibaran Bendera Merah Putih di puncak Gunung Leuser, dalam keterangan tertulis yang diterima di Lhokseumawe, Selasa.

Selain Ahyar, mahasiswa Unimal yang ikut dalam pengibaran bendera merah putih di puncak Gunung Leuser tersebut yakni Muhammad Ryanda (22), Muhammad Iqbal (25), Irhamna Ikhwan (21), Muzakir Kamal (26), dan Aisyah Amini (24).

Ahyar mengaku dirinya bersama rekan-rekan Mapala lainnya masih dalam perjalanan turun dari puncak Gunung Leuser. Mereka memulai pendakian ke puncak gunung dengan ketinggian 3.404 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu sejak 8 Agustus 2021.

Baca juga: Masyarakat-pemerintah Desa Manyampa kibarkan bendera di hutan mangrove

Baca juga: Warga Desa Lampeji Jember mengibarkan bendera merah putih raksasa


Menurut Ahyar mereka tiba di puncak gunung yang berada di Taman Nasional Gunung Leuser itu pada Minggu (15/8) pukul 10.00 setelah menempuh perjalanan selama tujuh hari.

Dalam perjalanan turun, kata Ahyar, pendaki yang tergabung dalam Ekspedisi Merah Putih Gunung Leuser 2021 tersebut juga akan menuju puncak tanpa nama di sekitar Gunung Leuser dengan ketinggian 3.455 mdpl dan puncak Angkasan di ketinggian 2.905 mdpl.

"Sebelumnya, dua puncak tersebut hanya dilewati saja. Dan pendakian kami lakukan ini khusus untuk mengibarkan bendera Merah Putih dalam rangka memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia," kata Ahyar.

Selain memperingati HUT Kemerdekaan RI, kata Ahyar, pendakian tersebut juga sebagai momentum memperingati hari ulang tahun ke-20 penegerian Universitas Malikussaleh.

"Perjalanan turun memakan waktu tiga hingga lima hari. Hingga kini, kondisi tim dalam keadaan baik dan sehat. Keluhan tetap seperti biasa, menyangkut asupan gizi. Semoga perjalanan turun dapat berjalan lancar," kata Ahyar.

Baca juga: Polri kibarkan bendera raksasa di Air Terjun Tumpak Sewu

Baca juga: Penuh khidmat dalam kesederhanaan upacara HUT Ke-76 RI di Papua Barat

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021