Jakarta (ANTARA News) - Secret service (Paspampres Presiden AS) mengejar seorang petugas PLN yang dinilai mencurigakan di luar Balairung Universitas Indonesia saat Obama akan berpidato.

Adegan yang dilihat wartawan tersebut, terjadi ketika seorang pria bertopi dan membawa tas berjalan di sekitar Balairung UI.

Seorang secret service berkulit putih memanggilnya namun orang itu tidak menoleh. Secret service itu berlari mendekat dan mulai bertanya ke orang tersebut. Saat itu pula beberapa anggota Polri dan TNI berlari mendekat.

Orang tersebut diamankan beberapa puluh meter dari tempatnya dihentikan. "Ternyata dia petugas PLN. Sudah kami cek ke atasannya dan benar. kartu identitasnya tak dikenakan, dimasukkan ke saku," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Boy Rafli. Boy mengemukakan petugas tersebut akhirnya dilepaskan.

Mengenai kemacetan yang terjadi di sekitar kawasan UI, Boy mengemukakan jalan yang akan dilalui Obama memang ditutup sejak dia akan datang ke UI hingga pulang. "Kami mohon maaf," kata Boy.
(Yud/A038/BRT)

Pewarta: Yudha Pratama Jaya
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010