Jakarta (ANTARA News) - Provinsi Sumatera Selatan menggelar malam "The Glory of Sriwijaya" di Hotel Grand Sahid Jakarta, Jumat (5/11) malam, untuk menandai prapeluncuran kesiapan pelaksanaan SEA Games ke-26 di Palembang, 11 November 2011 mendatang.

Malam prapeluncuran SEA Games ke-26 yang dikemas dalam bentuk makan malam bersama dan pagelaran seni dan budaya tradisional berpadu dengan modern yang mengandung spirit olahraga, dihadiri sejumlah tokoh nasional asal Sumsel, antara lain Ketua MPR Taufiq Kiemas, Ketua DPR Marzuki Alie, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Jimly Asshiddiqie, mantan Menteri Agama Said Agil Siradj dan beberapa tokoh lainnya.

Menpora Andi Mallarangeng dan Ketua Umum KONI Pusat Rita Subowo mengikuti pula acara tersebut.

Para bupati dan wali kota serta wakilnya, termasuk anggota DPRD Sumsel hadir pada gelar acara yang memperkenalkan sekaligus mempromosikan kesiapan Sumsel menjadi tuan rumah SEA Games ke-26.

Menurut Gubernur Sumsel H Alex Noerdin, sebenarnya tidak mudah bagi daerahnya untuk dapat dipercayakan menjadi tuan rumah SEA Games ke-26 itu.

Alex menyatakan, perlu usaha dan kerja keras untuk merebut peluang yang belum tentu akan kembali bisa diambil daerahnya.

Upaya yang dilakukan, lanjut Alex, adalah dengan memberikan keyakinan kepada Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat.

Padahal menurut Alex lagi, daerahnya sesungguhnya tidak memiliki uang sendiri untuk menyelenggarakan pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara itu.

"Kami memang tidak punya uang sendiri untuk melaksanakan SEA Games itu, tapi kami punya semangat untuk bekerja keras mempersiapkan diri menjadi tuan rumah yang baik," ujar Alex.

Dia menegaskan, keberhasilan SEA Games akan identik dengan keberhasilan dan prestise bagi Indonesia, sekaligus membanggakan bagi daerah dan masyarakat Sumsel.

Diharapkan pula SEA Games itu akan memberikan dampak positif mendorong peningkatan pendapatan masyarakat di daerahnya.

Dalam kesempatan itu, Alex Noerdin didampingi Ketua Umum KONI Sumsel, Muddai Madang, memberikan cenderamata kepada perwakilan negara peserta SEA Games.

Secara simbolis, KONI Sumsel juga menyerahkan bantuan bagi para korban bencana alam di Indonesia berupa uang Rp50 juta, diterima melalui Ketua Umum KONI Pusat Rita Subowo.

Pagelaran seni dan budaya memadukan seni tradisional dan modern yang dibalut dengan spirit olahraga--diselingi pula dengan fashion show busana berbahan songket dan kain khas Sumsel--menampilkan pula penyanyi terkenal Cici Faramida dan Titi DJ, dengan penata seni Denny Malik dan MC Thia Yufada bersama Tantowi Yahya. (B014/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010