Jakarta (ANTARA) - Toyota Indonesia mendukung program percepatan vaksinasi nasional dengan memberikan vaksin gratis kepada 1.500 warga serta 1.000 paket kebutuhan pokok sehari-hari di Pantai Cibuaya, Pangkalan, dan Segaran, Kawasan pelosok Karawang, Jawa Barat pada Minggu (8/8).

Kegiatan yang menggandeng Pemkab Karawang, Kodim Karawang, Polres Karawang, dan APINDO (Asosiasi Pengusaha Indonesia), merupakan bagian dari pemberian 76.500 dosis vaksin gratis bagi masyarakat umum yang bergulir sejak pertengahan 2021.

Baca juga: Toyota jadi produsen mobil terlaris di dunia periode Januari-Juni 2021

“Di tengah mobilitas dan interaksi masyarakat yang dinamis, penyebaran dan percepatan program vaksinasi yang merata bagi seluruh lapisan masyarakat, termasuk di wilayah pelosok, sangat penting dalam membentuk kekebalan kelompok (herd immunity) demi mengurangi dan mengentaskan pandemi COVID-19," kata Direktur Corporate Affairs PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam dalam siaran pers, Senin.

Selain vaksinasi, sebanyak 5.100 paket bahan pangan dan kebutuhan pokok sehari-hari juga disiapkan dan dibagikan Toyota Indonesia untuk warga di Karawang, Jawa Barat dan Sunter, Jakarta Utara.

Sebelumnya, warga Karawang dan Sunter juga telah menerima 4.000 paket bahan pangan kebutuhan pokok sehari-hari dari Toyota Indonesia.

Bob Azam menambahkan bahwa kegiatan itu merupakan wujud dan komitmen Toyota dalam mendukung upaya pemerintah mencegah penyebaran COVID-19 serta memberikan perlindungan bagi masyarakat.

"Harapannya bantuan vaksinasi dan donasi sembako di area pelosok Karawang ini dapat terasa manfaatnya bagi warga yang pada akhirnya dapat berdampak pula bagi pemulihan Indonesia,” ujar Bob Azam.

Sejak pandemi melanda tahun lalu hingga saat ini, Toyota membantu percepatan penanganan pandemi melalui donasi Kijang Innova ambulance sebanyak 17 unit dan lebih dari 150.000 APD kepada Palang Merah Indonesia (PMI), Kementerian Kesehatan, Pemprov DKI Jakarta, Pemkab Karawang, Pemkab dan Pemkot Bekasi, Pesantren, dan warga sekitar.

Toyota juga bekerja sama dengan akademisi, seperti Universitas Indonesia dan Balai Latihan Kerja (BLK) seperti Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) Jakarta, selain dengan beberapa supply chain, dalam pengembangan berbagai alat pelindung diri (APD) seperti face mask, flocked swab, medical google, hazmat suit, bag valve mask, dan face shield

Hal lainnya adalah turut menyalurkan donasi cepat tanggap Rp1,55 miliar untuk membantu penanganan pasien COVID-19 di 6 rumah sakit yang tersebar di 4 provinsi, meliputi 300 tabung oksigen beserta isinya (1.800 m3), portable bed, Oximeter, paket APD level 3 (baju hazmat, masker medis, sarung tangan, dan sebagainya), serta vitamin dan suplemen penguat imunitas tubuh.

Sebagai inisiatif dalam meningkatkan pemahaman dan kesadaran akan COVID-19 dan tindakan pencegahannya, Toyota juga menyelenggarakan Program Kampung Siaga COVID-19 (KSC) sejak September 2020, Hingga saat ini telah berdiri 100 Kampung Siaga COVID-19 (KSC) yang tersebar di wilayah Karawang, Jakarta, Bekasi, Bogor, dan Depok.

"Kami sangat berterima-kasih kepada berbagai pihak dan elemen masyarakat atas kerja sama baik yang memungkinkan kami untuk dapat menghadirkan bantuan sosial dan sarana pelindung diri selama COVID-19. Semoga ini dapat memperkuat daya juang masyarakat dalam menghadapi pandemi COVID-19,” ujar Bob Azam.


Baca juga: Kelakuan wali kota Nagoya gigit medali Olimpiade membuat Toyota marah

Baca juga: Toyota dukung perluasan vaksinasi untuk masyarakat umum

Baca juga: Toyota Land Cruiser 300 resmi meluncur

Pewarta: A069
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021