Kourou, Guyana Prancis (ANTARA News) - Sebuah roket Ariane telah mengorbitkan dua satelit pada Kamis untuk menyiarkan gelombang televisi, telekomunikasi, dan pelayanan lainnya bagi sejumlah operator di Eropa dan Jepang, demikian menurut pejabat Antariksa Eropa, Jumat.

Roket Ariane-5 diterbangkan dari pusat peluncuran Badan Antariksa Eropa di Kourou, Guyana Prancis, di timur laut pesisir Amerika Selatan.

Satelit W3B bagi operator Eutelsat Eropa dirancang untuk menyediakan penyiaran televisi secara langsung, sejumlah telekomunikasi, data dan pelayanan gelombang luas di seantero Eropa, Afrika, Timur Tengah dan Asia tengah.

"W3B berada di lingkungan yang paling menarik bagi "TV digital" di Eropa tengah dan kepulauan di Samudera Hindia," ujar Direktur Eutelsat, Michel de Rosen.

"Pesawat antariksa tersebut juga akan menyiarkan gelombang luas yang baru dan jangkauan bagi pasar di Afrika yang memiliki kebutuhan besar atas satelit untuk membantu mendorong pertumbuhan ekonomi dan sosial," kata Michel.

Satelit BSAT-3b bagi operator di Jepang yang bernama "Broadcasting Satellite System Corporation", akan menyediakan penyiaran televisi langsung menuju rumah di seantero Jepang.

Hari peluncuran pada Kamis menandai keberhasilan ke-39 atas diterbangkannya sebuah roket Ariane. (*)

Reuters/KR-BPY/H-AK

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010