Jakarta (ANTARA) - Perusahaan otomotif asal Jerman, BMW resmi kembali meluncurkan kendaraan safety car full-electric mereka yang dibalut dalam model i4 M50 yang akan mendukung gelaran Piala Dunia FIM Enel MotoE di Motorcycle Grand Prix of Austria pada 15 Agustus di Red Bull Ring (AUT).

Safety car dari BMW yang sepenuhnya bertenaga listrik ni menggantikan peran dari BMW i8 safety car, yang sebelumnya memimpin di seri sepeda motor listrik, yang berlangsung pada program dukungan untuk MotoGP.

Baca juga: Honda Civic Type R jadi "safety car" WTCR 2020

"Dengan BMW i4 M50, kami memasuki era baru dan menghadirkan M pertama kami dengan drive train listrik sepenuhnya," kata CEO BMW M GmbH, Markus Flasch yang dikutip dari laman resmi BMW Global, Senin.

DIa juga mengatakan bahwa dengan M BEV pertama, kami mempersiapkan masa depan, di mana kombinasi kendaraan yang sangat sporty, performa dan elektrifikasi menjadi tema yang menarik.

Kami menunjukkan bahwa segala sesuatu yang dihargai orang tentang M – pengalaman berkendara emosional khas M dengan sporty, tenaga, dan dinamika – juga dimungkinkan dalam kendaraan listrik penuh.

"Sementara versi produksi dari Gran Coupé empat pintu akan memasuki pasar pada musim gugur, penggemar kami dapat menikmati pemutaran perdana dunianya di arena pacuan kuda musim panas ini," kata dia.

Baca juga: BMW M4 kembali jadi safety car MotoGP
BMW i4 M50 safety car full-electric dari BMW (ANTARA/BMW Global)



M50 merupakan mobil listrik pertama dari BMW M sebagai varian performa dari i4. Mobil ini dilengkapi dengan dua motor listrik yang menghasilkan 536 hp (400 kW / 544 PS) dan torsi hingga 795 Nm (586 lb-ft) selama beberapa detik saat dalam mode Sport.

Tenaga ditransmisikan ke keempat roda, memungkinkan untuk berlari dari 0-100 km/jam (0-62 mph) hanya dalam 3,9 detik. Ini akan cukup cepat untuk memimpin paket superbike listrik sementara baterai standar 83,9 kWh akan memberikan tenaga yang cukup untuk menutupi beberapa putaran.

Selain bilah lampu yang diperlukan di bagian atap dan lampu tambahan di dalam gril yang besar, Safety Car i4 M50 memiliki corak yang didesain ulang yang terdiri dari grafik hijau fluoresen pada cat abu-abu matte, dengan aksen pada warna M biru muda, biru tua, dan merah khas BMW.

Selain itu, mobil keselamatan ini juga memiliki beberapa stiker dari sponsor dan tulisan "Born Electric In M Town" di spatbor depan.

Safety car terbaru BMW akan tampil perdana pada 15 Agustus di Red Bull Ring di Spielberg dan tampil di semua balapan tersisa di FIM Enel MotoE World Cup. Adapun peluncuran pasar BMW i4 M50 dijadwalkan pada November.

i4 M50 bukanlah safety car full-electric pertama dari BMW Group, karena gelar ini diberikan kepada MINI Electric Pacesetter yang diluncurkan pada Maret 2021 untuk ABB FIA Formula E World Championship. FIM Enel MotoE World Cup diluncurkan pada 2019 sebagai bagian dari kejuaraan dunia MotoGP yang menggunakan sepeda motor Energica.


Baca juga: BMW akan buat versi "all-electric" untuk 5 Series, 7 Series, dan X1

Baca juga: BMW ungkap tampilan BMW i4 "all-electric"

Pewarta: KR-CHA
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021