Jakarta (ANTARA News) - Sean Gelael yang akan berusia 14 tahun pada 1 November mendatang, menimba pengalaman amat berharga sebagai peserta Kejuaraan Piala Bridgestone yang diikuti para pegokart dari berbagai belahan dunia.

Kejuaraan yang disebut sebagai perlombaan terakhir tingkat Eropa pada 2010 itu diadakan 22-24 Oktober 2010 di Sirkuit South Garda dekat Danau Garda di Leonato, sebelah utara Italia.

Informasi dari Tim Sean Grand Prix menyebutkan, Sean menjalani "pemanasan" di udara dingin beberapa hari sebelum pertandingan dan ia mampu melejit ke urutan 25 dari 40 peserta yang latihan.

Pada kualifikasi (QTT), ia berada dalam Grup A dari tiga grup pebalap dan mereka melakukan tiga kali "heat" dan Sean berada di urutan ke-34. Pada heat 1, ketika grupnya dilaga dengan Grup B, Sean berada di urutan ke-16 dari 25 yang berlaga dan pada heat 2 antara Grup A dan C, ia berada pada posisi ke-20 dari 25 yang berlomba.

Pada perlombaan yang diikuti para jawara KF3, KF2 dan KZ2 Eropa itu, Sean sebelum berlomba sempat dilatih Jean-Philippe Guignet, mantan juara dan pebalap pabrik dari CRG Kart. Sirkuit Leonato merupakan lintasan tempat berlatih (test) tim CRG.

Pada sesi pertama dari delapan sesi latihan, Sean sempat mengalami kesukaran karena lintasan dan setting casis yang berbeda, tetapi pada akhir sesi latihan ia mampu memperpendek jarak hanya 0.3 detik dari pebalap tercepat dalam latihan itu.

Kombinasi hasil heat 1 dan 2 mengambil 36 pebalap yang akan berlaga di pra-final Minggu dan Sean satu nomor berada di luar urutan itu. Ia dan tujuh pebalap lainnya mendapat kesempatan melakukan "repechage", sehingga Sean mendapat pengalaman berharga dari partisipasinya pada perlombaan itu.

Bulan lalu, Sean mengikuti kejuaraan dunia FIA-CIK Karting 2010 di Sirkuit Zuera Spanyol dan ia berhasil menempatkan diri pada urutan ke-20 kategori "final kedua" dari 123 peserta yang tampil pada kejuaraan itu.

Putera Ricardo Gelael itu memastikan diri sebagai juara nasional karting (gokart) musim 2010 dan ia kini menempati urutan puncak klasemen sementara Kejuaraan Asia (ACOK), tinggal menunggu hasil dua putaran terakhir di Bangkok dan Macau.

Perlombaan di Bangkok akan diadakan pada minggu pertama November dan rombongan Sean meninggalkan Tanah Air pada Rabu 3 November 2010. (A008/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010