Jakarta (ANTARA) - Toyota Land Cruiser terbaru secara resmi diluncurkan oleh perusahaan pada hari Senin.

Melansir Hindustan Times pada Senin, seri 300 ini memiliki eksterior yang didesain ulang sepenuhnya dibandingkan dengan seri 200 yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2007.

Land Cruiser 300 didasarkan pada Platform GA-F Toyota dan mengadopsi versi terbaru dari sasis ladder frame.

Baca juga: Kekurangan suku cadang, Toyota tangguhkan produksi di Thailand

Produsen mengklaim SUV terbaru menawarkan peningkatan kinerja keselamatan, ketenangan, dan kualitas berkendara. Bobot kendaraan juga telah turun 200 kilogram.

Land Cruiser baru juga menggunakan sistem suspensi belakang gandar ganda yang dipasang di depan dengan high-mount. Kelengkapan ini berupaya meningkatkan kenyamanan berkendara sambil menawarkan stabilitas kemudi yang lebih baik.

Roda kemudi hidrolik disebut-sebut mampu bertahan saat dikendarai di lingkungan yang ekstrem.

Hal yang unik adalah sensor sidik jari pada sakelar “start”. Jika sidik jari cocok dan terdaftar pada kendaraan, mesin akan menyala. Sebaliknya, jika tidak cocok, mesin tidak hidup.

Di bagian kabin, Land Cruiser terbaru dibekali layar 12,3 inci dengan opsi tampilan off-road. Bagian atas panel instrumen horizontal, ada satu tombol untuk memilih mode berkendara dan sakelar untuk mengontrol beberapa fungsi seperti AC, sistem audio, sistem penggerak, dan torsi penggerak.

Land Cruiser baru ini dibekali dengan dua pilihan mesin, yakni mesin bensin V6 twin-turbo 3,5 liter dan mesin diesel V6 twin-turbo 3,3 liter.

Unit bensin memiliki tenaga 410 hp dan torsi 650 Nm, sedangkan motor diesel mengeluarkan tenaga 304 hp dan torsi 700 Nm.

Transmisi otomatis Direct Shift-10 kecepatan mengklaim menawarkan kinerja yang lebih baik sekaligus meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Baca juga: Hyundai kalahkan Toyota dalam pasar persaingan mobil FCEV

Baca juga: Yaris ECOvan meluncur di Spanyol dengan powertrain hybrid

Baca juga: Toyota kembali produksi suku cadang asli untuk Land Cruiser Seri 40

Pewarta: KR-RKA
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021