Jakarta (ANTARA News) - Politisi muda Yuddy Chrisnandi (42) menuangkan hasil pemikirannya tentang kepemimpinan kaum muda dan strategi pembangunan masa depan dalam buku berjudul "Strategi Kebangsaan Satrio Piningit 2014" yang diluncurkan di Jakarta, Minggu.

Dalam buku setebal 239 halaman tersebut, Yuddy antara lain menyampaikan ide-idenya mengenai ideologi kebangsaan, visi pertahanan nasional, pembangunan demokrasi dan kepemimpinan oleh kaum muda.

"Kita memerlukan pemimpin muda yang progresif untuk menuntaskan agenda reformasi yang dalam sepuluh tahun ini terseok-seok," katanya.

Ia juga percaya bahwa apabila ramalan pujangga Raden Ngabehi Rangga Warsita benar maka pemegang tampuk kepemimpinan negeri empat tahun ke depan, yang dalam ramalan disebut "Satrio Pinandito Sinisihan Wahyu", berasal dari kalangan muda.

Beberapa tokoh yang menjadi pembahas buku tersebut seperti ahli komunikasi Effendy Gazali, Direktur Utama Lembaga Kantor Berita Nasional ANTARA Ahmad Mukhlis Yusuf, pengusaha muda Sandiaga Salahhuddin Uno dan Wakil Ketua MPR Hajriyanto Yassin Thohari sepakat dengan Yuddy bahwa kaum muda harus lebih banyak berperan dalam kepemimpinan bangsa.

Effendy mengatakan para pemimpin muda juga harus menyuarakan hal-hal yang selama ini belum terlihat dalam data-data statistik pembangunan dan pertumbuhan ekonomi.

"Namun untuk itu terlebih dulu harus berjuang memasukkan calon perorangan dalam pemilihan, supaya ada jalan menuju kesana. Juga harus mencermati penyusunan daftar pemilih dan kerja Komisi Pemilihan Umum untuk memastikan ke depan pemilihan berjalan baik," katanya.
(ANT/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010