Jakarta (ANTARA News) - PT Astra Internasional memberikan anugerah kepada pemuda Indonesia yang berkiprah positif bagi pembangunan negeri menjelang peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober mendatang.

Penghargaan bertajuk Satu Indonesia Award diberikan Presiden Direktur PT Astra Internasional Prijono Sugiarto di Taman Buah Mekarsari, Cileungsi, Jonggol, Bogor, Sabtu.

"Kami telah melakukan proses penjaringan sebanyak 107 pemuda Indonesia yang mampu menjadi teladan bagi masyarakat lain serta bermanfaat bagi lingkungan sekitar," kata Prijono Sugiarto.

Lima pemuda pada akhirnya terpilih menerima Satu Indonesia Award yakni Mansetus dari Kalimantan Balawaja, Flores untuk bidang kesehatan, M. Farid dari Banyuwangi untuk bidang pendidikan, Amilia Agustin dari Bandung untuk bidang lingkungan, A`ak Abdullah dari Lumajang, Jatim, untuk bidang lingkungan, serta Sri Irdayati dari Jakarta untuk bidang pendidikan.

Prijono mengatakan, mekanisme penjaringan dilakukan secara terbuka baik melalui jejaring sosial media maupun koordinator wilayah Grup Astra dan jaringan koresponden Tempu di seluruh wilayah Indonesia.

"Proses penjaringan juga melibatkan berbagai jaringan organisasi masyarakat, tokoh muda penggerak komunitas, serta praktisi kegiatan pengembangan komunitas anak muda," katanya.

Pada kesempatan yang sama, pihaknya menggelar acara bertajuk Jelajahi Dunia Astra yang merupakan rangkaian program untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Program tersebut bertujuan memperkenalkan berbagai perkembangan yang terjadi salam Grup Astra yang dikemas dalam bentuk pameran produk, jasa, dan CSR Grup Astra serta berbagai kegiatan kreatif dan hiburan untuk memberikan apresiasi kepada generasi muda termasuk pelanggan dan karyawan Astra.

Pihaknya juga sukses mencatatkan rekor MURI dalam kategori pembuatan labyrinth terbanyak dengan 850 kamar yang dibangun di kawasan wisata Taman Buah Mekarsari.(*)
(T.H016//A023/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010