Jakarta (ANTARA) - Honda Motor Co bersama Rakuten Group memulai demonstrasi robot pengiriman otomatis ramah lingkungan di sekitar Universitas Tsukuba dan beberapa jalan umum di Jepang sejak 19 Juli lalu dan akan berlangsung hingga 31 Agustus 2021.

Honda dan Rakuten merancang robot pengiriman otomatis yang memanfaatkan teknologi robotika Honda, kemudian dipadukan dengan layanan pengiriman Rakuten.

Baca juga: Penjualan mobil Honda turun 16 persen pada bulan lalu

Langkah itu diharapkan menjadi solusi atas meningkatnya kebutuhan pengiriman barang jarak jauh tanpa kontak fisik selama pandemi, di mana banyak perusahaan pengiriman di Jepang kekurangan tenaga kerja.

Dalam siaran pers pada Rabu, Honda menyebutkan dalam proyek itu mereka mengembangkan pesawat, sistem, pemeriksaan spesifikasi serta menjalankan demonstrasi teknis.

Perangkat itu memakai sasis yang dilengkapi fungsi pengantaran otomatis dengan teknologi "Honda Mobile Power Pack" sebagai sumber energinya. Sedangkan pihak Rakuten melengkapi robot itu dengan kotak pengantaran produk.

Eksperimen itu dilakukan berkat dukungan New Energy and Industrial Technology Development Organization (NEDO). Ke depannya, Honda ingin terus mengembangkan teknologi robotika dan mempromosikan penggunaan energi terbarukan.

Baca juga: Honda Brio tercatat jadi kendaraan terlaris di semester awal 2021

Baca juga: All New Civic Hatcback diperkenalkan secara global

Baca juga: Honda sebut pemesanan City Hatchback tembus 3.000 unit
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2021