Jakarta (ANTARA) - Penggunaan trip meter yang kini banyak hadir di kendaraan bukan hanya sebagai alat yang menempel saja pada MID (Multi Information Display), melainkan memiliki peran penting untuk memudahkan pengemudi menghitung jarak tempuh dari satu titik ke titik lain.

Pada kendaraan Suzuki juga sudah memiliki teknologi ini, trip meter ini terletak di balik lingkar kemudi bersama dengan indikator lain seperti speedometer, tachometer fuel meter, temperatur mesin, dan odometer.

"Penggunaan trip meter bisa membantu pengemudi merencanakan rute perjalanan hingga mempertimbangkan aktivitas yang mungkin bisa dilakukan, seperti menepi sejenak untuk beristirahat," kata Head of Product Development PT Suzuki Indomobil Sales, Yulius Purwanto dalam keterangan resminyam Rabu.

Ada dua tampilan ftur trip meter yang dimiliki mobil Suzuki yaitu Trip A dan Trip B, yang penggunaannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Pengemudi dapat me-reset angkanya dan dapat dikembalikan ke dalam posisi nol apabila ingin mengubah atau membuat rute perjalanan baru.

Untuk me-reset posisi trip meter ke angka nol, pengemudi dapat menekan dan menahan kenop pada spedometer sampai muncul angka nol di layar. Apabila hanya ditekan saja tanpa ditahan, maka trip meter akan berubah dari trip A ke trip B atau sebaliknya.

Sedangkan, untuk melihat berapa jauh jarak tempuh penggunaan mobil secara total sejak diproduksi, pengendara dapat memanfaatkan fitur odometer yang juga terdapat pada MID.

"Fitur trip meter dihadirkan untuk menambah kenyamanan pengemudi ketika berkendara dan memudahkan untuk mengetahui berapa kilometer jarak yang telah ditempuh. Kami berharap dengan adanya kelengkapan fitur seperti trip meter dan berbagai fitur lainnya di MID mobil- mobil Suzuki dapat memudahkan konsumen yang akan melakukan perjalanan baik jarak jauh maupun dekat," kata Yulius.

Tidak hanya itu, MID yang ada pada kendaraan Suzuki hadir dengan beberapa fitur selain trip meter. Fitur lainnya antara lain indikator range yang berfungsi untuk mengetahui estimasi jarak yang dapat ditempuh dari bahan bakar yang tersedia di tangki.

Sebagai contoh, jika indikator range menunjukkan informasi angka di 200 km, berarti idealnya ketersediaan bahan bakar dapat menempuh hingga 200 km lagi. Namun, angka yang muncul pada indikator range ini dipengaruhi oleh beragam faktor seperti kondisi lalu Lintas, medan jalan, serta gaya mengemudi.

Selain trip meter dan range, pada MID mobil Suzuki juga terdapat indikator AVG (Average) yang digunakan untuk mengetahui rata-rata konsumsi bahan bakar selama perjalanan. Selain itu, terdapat pula fitur yang sangat menarik di mobil Suzuki yaitu driving style meter yang berguna untuk mengukur dan menampilkan gaya mengemudi.


Baca juga: Suzuki dan Daihatsu jalin kerja sama dengan aliansi EV Toyota

Baca juga: Cara mudah merawat kendaraan dengan sembilan langkah ini

Baca juga: Aplikasi MySuzuki catatkan peningkatan transaksi

Pewarta: KR-CHA
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021