Jakarta (ANTARA) - PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) dan Mastercard berkolaborasi menerbitkan MotionMastercard, kartu debit dan kartu kredit virtual pengganti kartu debit dan kredit plastik yang dapat digunakan secara digital untuk untuk pembayaran daring di bawah jaringan pembayaran Mastercard.

Selain merilis kartu debit dan kartu kredit virtual, kemitraan akan menjajaki pengembangan Mobile Contactless dengan pengaktifan transaksi NFC (Near-Field Communication). Metode pembayaran tersebut memungkinkan ponsel pintar yang telah memiliki MotionMastercard melakukan pembayaran tanpa kontak, cukup hanya didekatkan pada alat pembayaran merchant.

COO MotionBanking MNC Bank Teddy Tee mengatakan juga berencana untuk membangun kerja sama strategis untuk penerbitan kartu virtual kolaborasi dengan para pemain e-commerce dan new economy lainnya, sejalan dengan pertimbangan solusi pembayaran tanpa kartu.

"Kerjasama dengan Mastercard ini menghadirkan pengalaman baru dalam dunia pembayaran digital untuk menambah kenyamanan para pengguna. Melengkapi produk kartu debit dan kartu kredit fisik MNC Bank berlogo Mastercard, pada kesempatan ini, MotionBanking menggandeng Mastercard untuk penerbitan kartu debit dan kartu kredit virtual," ujar Teddy di Jakarta, Selasa.

Teddy menambahkan, kerja sama tersebut juga semakin mengukuhkan arah MotionBanking menjadi solusi perbankan digital yang lengkap dan terintegrasi, meminimalisir berbagai interaksi fisik menjadi full digital.

"Kami berharap hadirnya MotionMastercard akan semakin mendorong jumlah transaksi online di Indonesia yang secara konsisten mencetak rekor baru," kata Teddy

Country Manager, Indonesia, Mastercard Navin Jain mengapresiasi berkolaborasi dengan MNC Bank dalam berbagai peluang kerja sama strategis, terutama untuk peluncuran kartu debit dan kredit virtual MotionMastercard.

Selain itu, Mastercard dan MotionBanking juga akan bekerja sama untuk memungkinkan transaksi mobile nirsentuh dalam waktu dekat, serta menerbitkan kartu debit dan kredit co-branding.

"Seiring pertumbuhan permintaan konsumen akan produk-produk digital-first untuk mendukung cara kerja dan kegiatan mereka sehari-hari, Mastercard berharap dapat meluncurkan lebih banyak solusi pembayaran inovatif bersama mitra seperti MNC Bank. Kedua perusahaan berkomitmen penuh dalam mendukung agenda nontunai dan inklusi keuangan pemerintah Indonesia," ujar Jain.

Kartu virtual bukanlah kartu plastik secara fisik. Sebagai gantinya, enam belas digit nomor kartu bersama dengan kode CVV dapat ditemukan di aplikasi MotionBanking sehingga dapat digunakan untuk membayar secara daring di aplikasi favorit kamu secara langsung tanpa harus mengambil kartu dari dompet.

Kartu virtual pada dasarnya adalah pembayaran kartu kredit "tanpa kartu" yang aman. Setelah disetujui, pemegang kartu dapat menggunakan kartu debit dan kredit virtual untuk berbagai transaksi daring.

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2021