Jakarta (ANTARA News) - Partai Demokrat tidak mempermasalahkan Partai Golkar keluar dari Sekretariat Gabungan meskipun partai itu berpengalaman dan bisa melakukan manuver politik yang mempengaruhi kebijakan pemerintah.

"Nggak ada takut dan gentar bagi Demokrat bila memang Golkar keluar dari Setgab," kata Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Saan Mustopa, Jakarta, Minggu.

Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Achmad Mubarok bahkan yakin Partai Golkar tak akan berani keluar dari Setgab.

"Golkar nggak keluar dari Setgab, nggak akan berani," kata Mubarok.

Dia enggan menjelaskan penyebab Golkar tak akan keluar dari Setgab. "Yang pasti bangsa akan rugi," kata Mubarok.

Saan Mustopa mengakui Partai Golkar adalah partai yang berpengalaman banyak dan sangat lihai bermanuver politik, termasuk di parlemen.

"Demokrat akan menyambut baik apapun yang diputuskan di internal Golkar. Demokrat akan hargai pilihan dan sikap Golkar bila memang mau keluar dari Setgab," kata Sekretaris Fraksi Partai Demokrat itu.

Namuni, Saan tidak melihat tanda Golkar akan keluar dari Setgab tidak terlihat meskipun ada keinginan yang kuat dari kader-kader Golkar.

"Dari pernyataan Pak Ical (Ketua Umum Golkar Aburizal) jelas terlihat tidak ada keinginan untuk keluar dari Setgab. Mungkin keinginan dari orang-orang Golkar yang sifatnya pribadi-pribadi, bukan merupakan keputusan partai," kata Saan. (*)

ANT/AR09

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010