Samarinda (ANTARA News) - Dua pasangan dari generasi berbeda bertemu di perempatfinal Indonesia Terbuka Grand Prix Gold, saat unggulan kedua Fran Kurniawan/Pia Zebadiah bertemu dengan pasangan veteran Tri Kusharjanto/Minarti Timur.

Pada babak 16 besar di Stadion Palaran Samarinda, Kamis, unggulan kedua Fran/Pia maju ke perempatfinal dengan kemenangan mudah 21-13, 21-9 atas pasangan Darmiko/Yayu Rahayu hanya dalam 16 menit.

Sedangkan peraih medali perak Olimpiade Sydney 2000, Tri Kus/Minarti yang harus melalui babak kualifikasi, maju ke babak delapan besar dengan menundukkan pasangan Malaysia Ow Yao Han/Lai Pei Jing 23-21, 21-5.

"Senang sekali bisa bertemu dengan senior sekelas mereka. Merasakan pukulan peraih medali perak Olimpiade, kapan lagi," kata Fran mengenai lawan yang akan dihadapi dalam perebutan tempat di semifinal turnamen berhadiah total 120.000 dolar AS itu.

"Sebagai junior saya ingin membuktikan bahwa kami layak menerima tongkat estafet yang telah mereka rintis sebelumnya," tambahnya.

Nomor ganda campuran dikuasai pemain tuan rumah Indonesia setelah pasangan Malaysia Ong Jian Guo/Chong Sook Chin menjadi satu-satunya pemain di luar Indonesia yang mencapai perempatfinal.

Unggulan keempat asal Malaysia itu akan melawan unggulan keenam Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Adapun unggulan teratas Hendra Aprida Gunawan/Vita Marissa akan menghadapi Markis Kido/Lita Nurlita, dan unggulan ketiga Muhammad Rijal/Debby Susanto bertemu Mochamad Delynugraha/Richi Puspita Dili.

Dominasi

Unggulan teratas Taufik Hidayat memimpin dominasi pemain tuan rumah pada tunggal putra setelah menyisihkan Kho Henrikho Wibowo 21-12, 21-13 untuk selanjutnya bertemu pemain China Du Pengyu, setelah unggulan ketujuh itu menang atas Pisit Poodchalat dari Thailand 21-15, 21-12.

"Rekor kami 1-1, seharusnya saya bisa menang besok, tetapi namanya pertandingan, apa saja bisa terjadi," kata Taufik mengenai lawannya yang ia kalahkan di Macau Grand Prix Gold 2009, namun mengalahkannya pada pertemuan pertama di China Super Series 2008.

Sementara itu Dionysius Hayom Rumbaka dan Ary Trisnanto menjadi wakil Pelatnas Cipayung yang tersisa di antara enam pemain Indonesia yang maju ke babak delapan besar.

Hayom yang menjadi unggulan kelima menang atas Adnan Fauzi 21-15, 21-7 akan melawan mantan pemain Pelatnas Tommy Sugiarto yang mengalahkan pemain Pelatnas Pratama Evert Sukamta 21-11, 21-19.

Sedangkan Ary bertemu unggulan keenam Andre Kurniawan, setelah menang atas pemain Taiwan Shih Kuie Chun 21-16, 21-14.

Tunggal putra Indonesia lainnya yang lolos ke perempatfinal adalah Alamsyah Yunus yang menyisihkan Wisnu Yuli Prasetyo 21-10, 21-19 untuk bertemu Daren Liew dari Malaysia.(*)
(T.F005/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010