Beijing (ANTARA News/AFP) - Penjualan mobil di China melangkah cepat pada September dari bulan sebelumnya, kelompok industri setengah resmi China, Asosiasi Produsen Mobil mengatakan Selasa.

Total penjualan di China, pasar mobil terbesar di dunia dalam jumlah unit, naik 16,9 persen pada September dari tahun sebelumnya menjadi 1,56 juta unit, Asosiasi mengatakan di situs webnya.

Itu dibandingkan dengan peningkatan tahun-ke-tahun sebesar 16,1 persen pada Agustus dan 14,4 persen pada Juli, kata asosiasi.

Setelah tumbuh lebih dari 20 persen pada semester pertama, penjualan diperkirakan akan meningkat pada kecepatan yang mantap pada kuartal ketiga, kata pernyataan.

Penjualan kendaraan penumpang naik 19,3 persen pada September dari setahun yang lalu menjadi 1,21 juta unit, katanya.

Penjualan mobil di China untuk 2009 mencapai 13,64 juta unit sehingga negara itu mengambil alih posisi pasar mobil utama dunia dari Amerika Serikat.

Setelah terjadi pertumbuhan sangat berbahaya tahun lalu, penjualan melambat dalam beberapa bulan terakhir, sebagian karena faktor musiman, namun 2010 masih diperkirakan untuk melihat 17 juta
unit bergeser --sebuah peningkatan sekitar 25 persen tahun-ke-tahun. (A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010