Saumlaki (ANTARA News) - Menteri Negara Pembangunan Daerah Tertinggal Helmy Faishal Zaini melakukan kunjungan selama tiga hari (6-8 Oktober) di Saumlaki, Kepulauan Tanimbar, Kabupaten Maluku Tenggara Barat.

Dalam kunjungan tersebut Menteri meresmikan berbagai infrastruktur pedesaan, seperti sarana air bersih, Pembangkit Listrik Tenaga Surya serta bantuan moda transportasi guna angkutan antar desa.

Dalam sambutannya, menteri termuda dari PKB ini menyampaikan pentingnya penguatan kelembagaan dalam bentuk pelatihan dan pemberdayaan bagi masyarakat di daerah tertinggal.

Selain itu, pihaknya mengaku terus mendorong kebijakan afirmatif terutama fiskal bagi daerah tertinggal. Hadir dalam acara tersebut Bupati Maluku Tenggara Barat Bitzael S Teemar dan Wakil Gubernur Maluku Said Assegaf.

Disambut dengan upacara adat khas Maluku, Mentri PDT mendapat sambutan hangat dari masyarakat. "Ini merupakan kunjungan pertama seorang menteri di Maluku Tenggara Barat setelah 11 tahun dimekarkan," ujar Bupati MTB.

MTB termasuk wilayah kawasan timur Indonesia yang letaknya berbatasan dengan Timor Leste, tahun 2010 KPDT memberikan bantuan total sebanyak Rp15 miliar yang tersebar dalam berbagai instrumen KPDT.

Bantuan tersebut antara lain Percepatan Pembangunan Pusat Pertumbuhan Daerah Tertinggal (P4DT) berupa pembangunan pabrik rumput laut yang kini masih dalam tahap lelang, Percepatan Pembangunan Infrastruktur Perdesaan Daerah Tertinggal (P2IPDT) yakni pembangunan PLTS yang tersebar 75 unit dan dermaga satu unit, hingga DAK sebesar Rp1,6 miliat untuk moda transportasi.

Pada tahun 2008 - 2009, KPDT juga sudah memberikan bantuan ke Kabupaten MTB berupa insttrumen P2IPDT, P2SEDT, P2DTK, dan P2WP.
(ANT/B010)

Pewarta: Bambang
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010