Jakarta (ANTARA) - Honda Brio menjadi kendaraan terlaris di Indonesia sepanjang Januari-Juni 2021, seperti pada tahun sebelumnya yang juga mencatat penjualan tertinggi.

Pada semester pertama di tahun ini, Honda Brio meraih total penjualan sebanyak 27.785 unit di Indonesia, dengan rincian sebanyak 19.563 unit untuk Honda Brio Satya dan 8.222 unit untuk Honda Brio RS.

Baca juga: Penjualan mobil Honda turun 16 persen pada bulan lalu

"Pencapaian ini didukung oleh kebutuhan konsumen untuk mobil sebagai alat transportasi yang lebih aman dan nyaman, namun tetap memberikan value for money yang tinggi. Selain itu, perubahan perilaku konsumen ke arah penggunaan platform online juga mendorong pertumbuhan segmen first time buyer dan anak-anak muda yang merupakan target market dari Honda Brio," kata Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor dalam keterangan resminya, Kamis.

Dalam hal ini, peran Honda Brio sangatlah menentukan untuk penjualan Honda. Honda Brio tercatat menjadi penyumbang tertinggi untuk penjualan Honda dengan kontribusi mencapai 56 persen dari total 49.439 unit mobil yang dijual Honda pada periode ini.

Total penjualan Honda di semester pertama tahun ini juga tercatat lebih besar 21 persen dibanding periode yang sama di tahun 2020 lalu.

"Penjualan di semester ini terutama ditopang oleh kegiatan ekonomi yang meningkat dibanding periode yang sama di tahun lalu, penyegaran berbagai model, sekaligus dukungan pemerintah untuk mendorong industri otomotif, terutama melalui program relaksasi PPnBM yang sangat berdampak terhadap peningkatan penjualan saat ini," kata dia.

Baca juga: Penjualan Honda meningkat, Brio tetap jadi andalan

Selain Honda Brio, Honda HR-V 1.5 liter juga menyumbang penjualan sebanyak 8.730 unit sepanjang periode Januari sampai Juni 2021, kemudian Honda CR-V dengan penjualan 3.704 unit, dan Honda Mobilio dengan 3.321 unit.

Model terbaru Honda City Hatchback RS yang baru diluncurkan pada bulan Maret lalu telah mengumpulkan penjualan sebesar 2.141 unit, sementara Honda BR-V terjual sebanyak 1.187 unit.

Sedangkan untuk Honda Jazz menyumbangkan penjualan 996 unit di semester ini, Honda HR-V 1.8 liter sebanyak 757 unit, Honda Civic Hatchback sebesar 341 unit, dan Honda Odyssey sebanyak 58 unit.

Dari segmen sedan, penjualan tertinggi Honda di semester pertama tahun ini datang dari Honda Civic yaitu sebanyak 236 unit, Honda Accord sebesar 121 unit, Honda City sebanyak 55 unit, dan Honda Civic Type R sebanyak 7 unit.

Baca juga: Relaksasi PPnBM dongkrak penjualan mobil Honda di Jatim dan Bali

Baca juga: Honda jual 692 mobil selama IIMS Hybrid 2021, Brio Satya terlaris

Pewarta: KR-CHA
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021