Los Angeles (ANTARA News) - Sutradara "Die Hard", John McTiernan, dijatuhi hukuman satu tahun penjara pada Senin karena bersumpah palsu dan berdusta kepada para pejabat dalam kasus penyadapan yang melibatkan seorang mantan penyelidik swasta yang mewakili banyak bintang Hollywood.

John (59) juga didenda 100.000 dolar AS pada akhir kasus yang berlangsung lama tersebut, yang berpangkal dari tindakannya menyewa detektif terpidana Anthony Pellicano untuk menyadap seorang produser film setelah mereka berdua mengerjakan film produksi 2002 "Rllerball", sebagaimana dikutip dari Reuters Life!

John mulanya berdusta kepada FBI mengenai keterlibatannya dengan Anthony, tapi mengakui kesalahan pada 2006, lalu meminta untuk mencabut pernyataan bersalahnya dengan mengatakan ia telah menerima saran hukum yang buruk.

Pada 2009, ia dihukum oleh dewan juri dan dinyatakan bersalah atas dua dakwaan, yaitu mengeluarkan pernyataan palsu serta satu dakwaan bersumpah palsu.

"Terdakwa tak memikirkan hukum yang diberlakukan atas dirinya, dan pengadilan tak mempunyai alasan untuk percaya ia tak melanggar hukum lagi ketika keterangan memberatkan dirinya," kata Hakim Wilayah AS Dale S. Fischer, Senin (4/10), sebelum menjatuhkan vonis atas John.

Pellicano dihukum karena melakukan penipuan, persekongkolan dan penyadapan pada 2008 dan saat ini menjalani hukuman penjara 15 tahun.

John, yang filmnya meliputi "The Hunt for Red October" dan film pembuatan ulang 1999 "The Thomas Crown Affair", tak memberi pernyataan di pengadilan saat mendengarkan vonis atas dirinya Senin.
(C003/A024)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010