Jakarta (ANTARA News) - Nokia Siemens Networks berhasil mentransmisikan data dengan kecepatan 200 Gigabit per detik (200G) melalui serat optik standar, sehingga menandai terobosan mutakhir menuju jaringan 400G.

"Nokia Siemens Networks telah berkali-kali menunjukkan kepemimpinannya dalam kapasitas jaringan optik dan uji coba terbaru kami merupakan bukti bahwa kami dapat menggunakan kembali jaringan serat optik dan melipatgandakan kecepatan gelombang hingga 200G," kata Oliver Jahreis, head of product management for WDM networks pada Nokia Siemens Networks.

Uji coba tersebut dilakukan menyusul pengumuman terbaru Nokia Siemens Networks mengenai peralatan Dense Wavelength Division Multiplexing (DWDM) yang siap untuk kecepatan hingga 400G.

Para operator jaringan diharapkan akan mulai menggelar jaringan optik yang siap 400G pada tahun 2011.

"Perkembangan ini merupakan tonggak sejarah penting dan menunjukkan bahwa kami berada di jalur yang tepat menuju pendekatan yang hemat biaya untuk jaringan 400G dan seterusnya," katanya dalam siaran pers, Senin.

Ketika permintaan jaringan transport berkapasitas tinggi meningkat, para operator jaringan perlu meningkatkan kecepatannya dan memperpanjang gelombang dalam jaringan mereka yang sudah ada.

Hal itu akan membantu para operator mendapatkan hasil maksimal dari investasi mereka, karena menambah jalur serat optik tambahan untuk memenuhi kebutuhan kapasitas merupakan pilihan yang mahal.

"Penggunaan kembali serat optik yang ada untuk evolusi menuju kapasitas jaringan yang lebih tinggi akan melindungi investasi para operator, serta memberikan kecepatan data yang lebih tinggi kepada pengguna," katanya.

Nokia Siemens Networks melaksanakan uji coba ini di pusat penelitian dan pengembangannya di Munich dengan menggunakan peralatan prototipe milik sendiri.

Nokia Siemens Networks adalah penggerak layanan telekomunikasi global terkemuka dengan menyediakan portofolio teknologi jaringan bergerak, tetap dan konvergen serta layanan-layanan profesional termasuk konsultansi dan integrasi sistem, pemasangan dan pemeliharaan serta layanan terkelola.

Nokia Siemens Network adalah salah satu perusahaan hardware software dan layanan profesional telekomunikasi terbesar di dunia. Beroperasi di 150 negara, perusahaan ini berkantor pusat di Espoo, Finlandia. www.nokiasiemensnetworks.com.

Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010