Terdapat cadangan dengan daya besar 329 MW
Medan (ANTARA) - General Manajer Unit Induk Wilayah (UIW) PLN Sumatera Utara (Sumut) Pandapotan Manurung mengatakan bahwa pasokan daya listrik di Sumut dalam kondisi mencukupi.

"Dengan daya mampu 2.189 megawatt (MW) dan beban puncak sebesar 1.860 MW, sehingga terdapat cadangan dengan daya besar 329 MW," ujar Pandapotan dalam rilis yang diterima di Medan, Senin.

Ia menyebutkan, PT PLN (Persero) menjamin keandalan pasokan listrik untuk mendukung pelaksanaan Sentra Vaksinasi Bersama (SVB) BUMN di Polonia Medan.

"Kegiatan Sentra Vaksinasi Bersama ini diresmikan oleh Menteri BUMN Erick Tohir, Sabtu (26/6). Ditargetkan dapat melayani 5.000 orang per hari," ujarnya.

Pandapotan mengatakan, PLN juga telah menyiagakan dua Unit Gardu Bergerak (UGB) berkapasitas 250 kilo Volt Ampere (kVA) dan 630 kVA serta Genset Mobile berkapasitas 250 kW untuk menyukseskan bagian dari program vaksinasi nasional.

"Selain memastikan keandalan pasokan listrik, sebagaimana program nasional untuk menciptakan herd immunity, PLN juga mengikutsertakan 3.274 orang pegawai dan tenaga alihdaya yang berasal dari PLN UIW Sumut, UIP Sumbagut serta UIK SBU pada SVB BUMN ini," ujar dia lagi.

Ia menjelaskan, PLN juga siap mendukung langkah pemerintah dalam penanggulangan pandemi COVID-19 dengan menjamin keandalan listrik di rumah sakit dan fasilitas vital lainnya, serta di Sentra Vaksinasi Bersama BUMN.

​​​​​​​"Kami berharap melalui Sentra Vaksinasi Bersama BUMN ini mampu mengurangi dampak COVID-19. Mari kita berdoa semoga musibah ini segera berakhir, sehingga seluruh aktivitas dapat berjalan seperti sediakala," katanya pula.
Baca juga: Komisi VI DPR nilai PLN UIW Sumut cukup baik sediakan energi listrik
Baca juga: PLN pastikan pasokan listrik untuk lumbung pangan di Sumut terpenuhi

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021