Pasir Pengaraian (ANTARA News) - Dua anggota jamaah haji asal Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau, meninggal dunia di tanah suci Makkah, dalam sepuluh hari terakhir.

Kepala Kementrian Agama Kabupaten Rohul, Ahmad Supardi Hasibuan, kepada ANTARA, Minggu, mengatakan, anggota jamaah haji yang meninggal tersebut atas nama Hildayati Binti Anas Sukun pada Minggu (28/11) pukul 2.20 Waktu Arab Saudi (Was) dan seorang lagi meningal Sabtu (20/11) pada pukul 12.50 Was.

Dia menjelaskan, Hildayati Binti Anas Sukun merupakan jamaah haji Desa Kota lama Kecamatan Kunto Darussalam yang meninggal akibat menderita penyakit jantung.

Menurut dia, sebelumnya kedua jamaah itu juga telah di rawat oleh tim medis di BPIH Mekah, namun tetap saja tidak bisa diselamatkan, hingga akhirnya meninggal.

"Biasanya jamaah haji yang meninggal di Mekah, maka akan dimakamkan di daerah itu juga, sebab tergantung dimana ia meninggalnya," ujarnya.

Ahmad Supardi, menjelaskan, kedua jamaah haji yang telah meninggal itu tergabung dalam kloter 11 dengan jumlah sebelumnya 445 jamaah haji.

"Jika total jamaah haji asal Kabupaten Rohul awalnya mencapai 528 orang, karena telah meninggal dua orang maka tinggal 526 jamaah," tuturnya.

Dijadwalkan pada 2 Desember 2010 mendatang, jamaah haji Kabupaten Rohul yang tergabung pada kloter 11 itu sudah dipulangkan menuju tanah air di Debarkasi Batam dan pada 3 Desember akan diterbangkan menuju Kabupaten Rohul.
(T.ANT-141/B013/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010