Pasir Pengaraian, Riau (ANTARA News) - Seorang jamaah haji asal Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau, pada Sabtu meninggal dunia di tanah suci Makkah.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Rohul, Ahmad Supardi Hasibuan, kepada ANTARA News mengatakan, jamaah haji Rokan Hulu yang meninggal itu Abu Hanifah Bin Giam pada pukul 12.50 Waktu Arab Saudi.

Ia menjelaskan, almarhum Abu Hanifah merupakan jamaah haji asal Kecamatan Rambah, Kota Pasir Pengaraian, ia tergabung dalam kloter 11.

"Kita belum menerima kabar penyebabnya ia meninggal, kita masih menunggu informasi selanjutnya dari Mekkah," katanya.

Kata dia, Abu hanifah sebelumnya sempat dirawat oleh tim medis di Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) Mekkah, namun ternyata nyawanya tetap tidak bisa diselamatkan, akhirnya meninggal juga di BPIH.

"Jamaah haji tersebut rencannya akan dimakamkan di Makkah, sebab tergantung dimana ia meninggalnya," terangnya.

Ahmad Supardi, mnegatakan, jamaah haji asal Kabupaten Rohul yang meninggal di tanah suci baru pertama kalinya terjadi dan diharapkan tidak ada lagi. Ia mengatakan, awalnya total jamaah haji asal Rohul 528 orang, karena telah meninggal satu maka tinggal 527 jamaah.

"Rencannya 2 Desember 2010 mendatang, jamaah haji Kabupaten Rohul yang tergabung pada kloter 11 itu sudah dipulangkan di tanah air," ujarnya.

Ia menghimbau kepada saudaranya di Rokan Hulu untuk mengikhlaskan kepergian almarhum Abu Hanifah, kepada keluarga jamaah haji lainnya juga diharapkan selalu mendoakannya, agar bisa melaksanakan ibadah haji tersebut dalam keadaan sehat dan dapat kebali ke tanah air.

"Kepada keluarga yang ditinggalakan, agar bersabar dan mengikhlaskannya," tuturnya.
(T.ANT-141/Z002/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010