Serang (ANTARA News) - Jemaah haji asal Provinsi Banten yang meninggal dunia di tanah suci Mekkah dan juga di Madinah bertambah dua orang, sehingga jumlah jamah haji asal Banten yang meninggal dunia hingga Senin (21/12) menjadi tujuh orang.

Kepala Bidang Haji Zakat dan Wakaf (Hazawa) Kanwil Depag Banten, H Rasna Dahlan di Serang, Senin mengatakan, dua jemaah haji asal Provinsi Banten yang meninggal dunia adalah Wismarini binti Zanir usia 45 tahun kloter 17, warga Taman Asri Kelurahan Larangan Kota Tangerang tersebut meninggal di Mekkah 8 Desember 2009. Kemudian Sarah binti Ali usia 65 tahun warga Kecamatan Bojong Kabupaten Pandeglang termasuk jemaah haji kloter 47 dan ia juga meninggal dunia di Mekkah.

"Mereka meninggal rata-rata karena penyakit bawaan dari tanah air, diantaranya infeksi saluran pernapasan akut (Ispa)," kata Rasna.

Ia mengatakan, dua orang jemah haji Banten tersebut meninggal dunia setelah mengikuti proses pelaksanaan ibadah haji, ke-duanya sudah dimakamkan di Ma`la, Mekkah.

Sebelumnya pada 7 Desember 2009 lalu, satu jemaah haji Banten yang meninggal dunia bernama Siti Istari binti Wignyo Sumarto, berusia 68 tahun kloter 40 asal Kabupaten Tangerang. Almarhumah yang bertempat tinggal di Kompleks IAIN No 88 RT03/RW06 Ciputat Tangerang itu meninggal dunia di Mekkah karena sakit sistem sirkulasi.

Rasna mengatakan, Siti Istari meninggal pada 7 Desember 2009 di pemondokan haji di Mekkah dan dimakamkan di Mekkah, Arab Saudi. Dengan demikian, jumlah total jemaah haji asal Provinsi Banten yang meninggal dunia di tanah suci Mekkah hingga saat ini bertambah menjadi tujuh orang.

Empat orang jemaah haji asal Banten sebelumnya meninggal dunia saat menjalankan ibadah haji di Mekkah dan dua orang di Madinah. Mereka adalah Rahmawati Binti H Saniin (56), dari kloter 17 asal Kota Tangerang wafat di Madinah. Kemudian, Samad bin Miin (60) dari kloter 13 asal Kota Tangerang wafat di Rumah Sakit Arab Saudi.

Selanjutnya, Arsyid Tualib bin Tualib (64) dari kloter 40 asal Kabupaten Tangerang, wafat di Mekkah. Sedangkan yang keempat adalah Achmad bin Mustofa (55) dari kloter 37 asal Kabupaten Tangerang, wafat di Minna, Mekkah.

Sedangkan jumlah jemaah haji asal Banten yang sudah kembali tanah air hingga Senin (21/12) pada gelombang pertama sebanyak sembilan kloter dengan jumlah satu kloter rata-rata 455 orang jemaah haji. Sementara masih ada 10 kloter yang belum tiba di tanah air, mereka akan kembali ke Banten paling lambat hingga 31 Desember 2009. (*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009