Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina Gas (Pertagas) Operation Kalimantan Area bekerja sama dengan PT Badak NGL (Badak) dan Shopee melaksanakan kegiatan pelatihan strategi pemasaran daring bagi pelaku usaha mikro sebagai dukungan bagi upaya pemerintah mewujudkan UMKM naik kelas.

Kegiatan kolaborasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas mitra binaan Pertagas dan Badak, khususnya para pelaku UMKM di Kota Bontang, Kalimantan Timur, dalam rangka pemulihan ekonomi pasca pandemi melalui pemanfaatan e-commerce.

Muhammad Arifin, Asisten Manager QHSSE, Technical & Budgeting (QTB) Pertagas Operation Kalimantan Area, mengatakan kegiatan kolaborasi tersebut sejalan dengan program pemerintah untuk mendukung keberlangsungan bisnis UMKM secara optimal melalui pendampingan hulu ke hilir yang berkelanjutan dan terintegrasi dengan semua pihak.

“Kedepannya, kerja sama ini diharapkan dapat membantu akselerasi para pelaku bisnis mikro agar berkembang secara efektif dan optimal sehingga dapat melakukan ekspansi produk-produk lokal hingga ke pasar global,” kata Arifin dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Pada kegiatan pelatihan strategi pemasaran online yang dilaksanakan Rabu (30/6) tersebut, Shopee Indonesia memberikan pembinaan kepada peserta pelatihan dari hulu ke hilir. Di antaranya memahami potensi bisnis online, customer behavior, fotografi produk, copywriting produk hingga teknik pemasaran di e-commerce dan pendampingan UMKM secara berkelanjutan.

Mitra binaan Pertagas yang ikut serta dalam kegiataan ini adalah Kelompok Perempuan Matahari dan Kelompok TAMAN Sidrap.

Upaya kolaborasi yang dilakukan Pertagas, Badak LNG, Pemerintah Kota Bontang dan Shopee Indonesia merupakan wujud komitmen multi-stakeholder dalam membantu para pelaku bisnis mikro sebagai upaya pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

"Kami berharap sinergi Badak LNG dan Pertagas, dapat membantu meningkatkan kapasitas mitra binaan khususnya anggota kelompok UMKM untuk dapat bersaing dengan menciptakan pasar domestik yang produktif," kata Yuli Gunawan, Senior Manager Corporate Communication Badak LNG.

Apresiasi terhadap kolaborasi Pertagas dan Badak LNG juga disampaikan Staf Fungsional Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota Bontang Bahrian Hadi.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pertagas dan Badak yang telah mendukung upaya pemerintah untuk mewujudkan UMKM naik kelas melalui berbagai kegiatan peningkatan kapasitas yang melibatkan para pelaku usaha mikro di Kota Bontang," kata Bahrian.

Baca juga: Pertagas bukukan laba bersih 106,6 juta dolar AS pada 2020
Baca juga: Pertagas apresiasi dukungan media terhadap program CSR saat pandemi
Baca juga: Pertagas Grup raih enam penghargaan keselamatan migas 2020

 

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2021